kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Didukung Hanura, Mitra Fakhruddin-Mahmuddin Mantap Maju Pilkada Enrekang

Didukung Hanura, Mitra Fakhruddin-Mahmuddin Mantap Maju Pilkada Enrekang
Ketua Umum DPP Partai Hanura Oesman Sapta Odang (tengah) memberikan surat keputusan B1-KWK untuk bakal paslon Bupati Enrekang Mitra Fakhruddin-Mahmuddin di Jakarta, Senin (12/8). Foto IST
banner 468x60

KabarMakassar.com — Partai Hanura memutuskan mengusung Mitra Fakhruddin berpasangan Mahmuddin sebagai bakal calon bupati dan wakil Bupati Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan, Pilkada 2024 yang dihelat 27 November mendatang.

Ketua DPD Partai Hanura Sulsel Amsal Sampetondok mengonfirmasi surat rekomendasi B1-KWK kepada Mitra-Mahmuddin untuk maju Pilkada Enrekang 2024.

Pemprov Sulsel

Amsal menyebut surat rekomendasi model B1-KWK tersebut diserahkan langsung Ketua Umum DPP Partai Hanura, Oesman Sapta Odang di Jakarta, Senin (12/8).

“Iya baru Enrekang di Sulsel yang keluar rekomendasi,” kata Amsal kepada wartawan, Senin (12/8).

Dimana keputusan Partai Hanura mengusung Mitra-Mahmuddin, akhirnya mencukupkan syarat dukungan partai duet politisi-birokrat tersebut untuk maju Pilkada Enrekang 2024.

Hanura punya 1 kursi di DPRD Enrekang hasil Pemilu 2024. Mitra-Mahmuddin juga dipastikan mendapat tiket dari PAN yang meraih 5 kursi. Dengan begitu duet Mitra-Mahmuddin telah mencukupkan syarat 6 kursi untuk mendaftar ke KPU pada 27 sampai 29 Agustus nanti.

Momentum penyerahan rekomendasi Hanura tersebut juga menjadi panggung perdana Mitra-Mahmuddin muncul di hadapan publik. Sebelum ini, putra Muslimin Bando tersebut merahasiakan sosok pendampingnya.

Sebelumnya, Amsal Sampetondok menegaskan partainya tak ingin ada calon tunggal melawan kotak kosong di Pilkada Enrekang. Menurutnya, kotak kosong akan merusak demokrasi.

“Kami tidak ingin demokrasi ini mati. Kalau ada kolom kosong itu seperti merusak demokrasi,” ujar Amsal kepada wartawa di kantor Hanura Sulsel, Makassar, Selasa (6/8) lalu.

Pilkada Enrekang 2024 diprediksi akan diikuti dua paslon. Selain Mitra-Mahmuddin, kandidat lainnya yaitu Muh. Yusuf Ritangnga berpasangan Andi Tenri Liweng La Tinro.

Sementara itu, jagoan Partai Nasdem untuk Pilkada Kabupaten Enrekang, Sulsel, Muh. Yusuf Ritangnga-Andi Tenri Liwang La Tinro bersedia menghadapi kotak kosong jika semua partai politik menyatu mengusungnya.

Yusuf Ritangnga menyinggung hal tersebut usai mengikuti uji kelaikan dan kepatutan bakal calon kepala daerah yang digelar Partai Demokrat Sulsel di Kota Makassar, Minggu (2/6) lalu. Kepada wartawan, Yusuf mengaku sudah mengantongi surat rekomendasi Nasdem yang punya 9 kursi di DPRD Enrekang hasil Pemilu 2024.

Dengan ini, Ia bersama Tenri Liwang sudah cukup untuk mendaftar di KPU pada Agustus nanti. Pasangan ini juga telah melamar semua partai, kecuali Partai Amanat Nasional (PAN), yang tidak membuka penjaringan bakal calon Bupati Enrekang karena akan mengusung Mitra Fakhruddin.

“Kita mendaftar di seluruh parpol di tingkat DPC Enrekang. Tapi baru di tingkat dpw-nya kita berhubungan Demokrat,” kata Yusuf.

Yusuf mengaku mendaftar ke sejumlah partai bukan untuk menjegal calon lain. Tapi, jika partai menghendaki, maka peluang melawan kotak kosong bisa terjadi.

“Kita tidak pernah berpikir melawan kotak kosong, tapi kalau pun semua partai memberi kepercayaan kepada kita, kenapa tidak?” tegas Yusuf.

PDAM Makassar