kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Debat Perdana, Dua Paslon Gubernur Paparkan Visi Misi Bangun Sulsel

Debat Perdana, Dua Paslon Gubernur Paparkan Visi Misi Bangun Sulsel
Dua Paslon Gubernur Sulsel pada debat perdana (Dok: Atri KabarMakassar)
banner 468x60

KabarMakassar.com — Dua pasangan calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), masing-masing mendapatkan kesempatan menyampaikan visi misi masing-masing di debat perdana yang di gelar di salah satu hotel di Kota Makassar, Senin (28/10) malam.

Secara bergiliran masing-masing paslon memaparkan visi-misinya, dimulai dari paslon nomor urut 1, Mohammad Ramdhan Pomanto – Azhar Arsyad (DiA), dilanjut dengan paslon nomor urut 2, Andi Sudirman Sulaiman-Fatmawati Rusdi (Andalan Hati).

Pemprov Sulsel

Paslon nomor urut 1 komitmen membangun Sulsel.

Calon Gubernur Sulsel nomor urut 01, Mohammad Ramdhan Pomanto mengatakan bahwa pasangan DIA mengusung visi yang berkomitmen membangun Sulsel, dengan mengarah pada Global Foodhub yang sombere, macca, dan resilient.

“Kami pasangan DIA mengusung Visi Sunset global foodhub yang sombere, maccu, dan ressilient untuk semua,” papar Danny sapaan akrabnya.

Sementara itu, calon Wakil Gubernur nomor urut 1, Azhar Arsyad mengatakan bahwa pasangan DIA mengusung 8 misi dalam membangun Sulsel diantaranya, restrukturisasi spasial dan ekologi yang sombere, macca, resilient, dan produktif.

“DIA merancang misi pertama untuk restrukturisasi ruang dan ekologi guna menciptakan kawasan yang lebih produktif dan ramah lingkungan,” jelasnya.

Selanjutnya, rekonstruksi sosial dan pengembangan sumber daya manusia, yang artinya pasangan DIA fokus pada rekonstruksi sosial dan peningkatan kualitas SDM Sulsel yang inklusif dan berdaya saing.

“Misi ketiga, penguatan ekonomi dan teknologi yang berdaya saing, dimana misi ketiga berfokus pada pembangunan ekonomi dan teknologi yang sombere, macca, resilient, dan berdaya saing tinggi,” paparnya.

Dengan visi dan misi ini, pasangan DIA optimis untuk membangun masa depan Sulsel yang lebih produktif, berkelanjutan, dan memiliki daya saing global.

Paslon nomor urut 2, ingin lanjutkan pembangunan

Berbeda dengan paslon nomor urut 1, paslon nomor urut 2, Andi Sudirman Sulaiman-Fatmawati Rusdi (Andalan Hati) ini, mengaku akan melanjutkan pembangunan yang sempat dijalankan saat dirinya masih menjabat sebagai Gubernur periode 2021-2023 lalu.

“Selsel maju dalam artian melanjutkan pembangunan yang kami telah letakan fondasi yang kuat pada periode kami menjabat sebelumnya, yang kemudian berkarakter Sipakatau Sipakalebbi dan Sipakainge,” kata calon Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman.

Pasangan Andalan Hati ini, telah memiliki 8 misi yang berisi dari berbagai sektor, yang pertama melanjutkan pembangunan sosial yang terkoneksi yaitu perbaikan jalur transformasi yang menghubungkan setiap wilayah.

“Dalam artian, lintas harian rata-rata tinggi di Sulawesi Selatan masih banyak rusak berat dan waktu kami menjabat, kami mengintervensi yang terpenting wilayah yg sangat dibutuhkan masyarakat,” paparnya.

Selanjutnya. Sudirman juga mengatakan bahwa Andalan Hati bakal memperkuat program di bidang pendidikan dengan mengadakan program smart school.

“Di bidang pendidikan kita mengadakan smart school untuk menjangkau satu Sulsel satu standar,” katanya.

Sementara itu, calon Wakil Gubernur nomor urut 2, Fatmawati Rusdi menyampaikan bahwa pasangan Andalan Hati bakal melanjutkan pembangunan pemerintah provinsi, baik dari sumber daya manusia maupun sumber daya alam.

“Andalan telah bekerja meletakan pondasi pembangunan multi sektoral, baik pembangunan sumber daya alam maupun sumber daya manusia, kami siap melanjutkan pembangunan yang inklusif dengan pendekatan Gen Z Untuk Sulsel lebih maju dan berkarakter,” kata Fatma.

Dengan pemaparan visi misi kedua paslon ini, karakter yang hampir sama mengarah pada pembangunan Sulsel, dimana paslon Danny-Azhar yang akan mulai membangun Sulsel, sementara paslon Sudirman-Fatmawati yang akan melanjutkan pembangunan yang sempat di jalankan nya saat menjadi Gubernur lalu.

PDAM Makassar