kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Catat 11 Kasus Kebakaran Dalam Sehari, Danny Pomanto Sarankan Siskamling

Catat 11 Kasus Kebakaran Dalam Sehari, Danny Pomanto Sarankan Siskamling
Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto (doc KabarMakassar)
banner 468x60

KabarMakassar.com — Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan Pomanto, menyampaikan keprihatinannya terkait peningkatan jumlah kasus kebakaran di kota Makassar. Berdasarkan data terbaru, jumlah kebakaran di kota ini mencapai angka mengkhawatirkan, dengan catatan 7 hingga 11 kejadian kebakaran dalam sehari.

Danny Pomanto, sapaannya, enjelaskan bahwa salah satu penyebab utama peningkatan jumlah kebakaran adalah kondisi cuaca yang semakin kering akibat kenaikan suhu. Selain itu, pemadaman listrik yang terjadi baru-baru ini juga menjadi pemicu terjadinya kebakaran.

Pemprov Sulsel

“Kenaikan suhu yang makin kering dan pemadaman listrik menjadi faktor utama penyebab kebakaran di kota kita,” ungkapnya.

Untuk mengantisipasi hal ini, Pemkot Makassar telah mengambil langkah-langkah mitigasi yang melibatkan partisipasi aktif masyarakat dan peningkatan fasilitas pemadam kebakaran.

“Kami sudah menambahkan 10 unit semprot air dan beberapa unit mobil pemadam kebakaran. Selain itu, fasilitas Pemadam Motor (Damtor) juga telah kami tingkatkan,” ujar Danny Pomanto.

Ia juga mengimbau kepada seluruh warga Makassar, khususnya di musim kemarau ini, untuk lebih berhati-hati dan meningkatkan kewaspadaan. Ia mengusulkan agar setiap RT dan RW mengaktifkan sistem keamanan lingkungan (siskamling) selama 24 jam guna memantau kondisi masyarakat dan mencegah kebakaran.

“RT-RW harus ada semacam siskamling, untuk menjaga 24 jam kondisi masyarakat,” tegasnya.

Meskipun kejadian kebakaran ini cukup memprihatinkan, Wali Kota Makassar dua perione ini menyatakan rasa syukurnya bahwa sebagian besar kebakaran terjadi pada siang hari, sehingga dampak yang ditimbulkan dapat diminimalisir.

“Walaupun ini kebakaran, setidaknya kita bersyukur kebakarannya terjadi di siang hari. Yang paling bahaya dan berisiko kalau kebakaran terjadi di malam hari saat semua orang tidur. Ini semua yang menjadi bagian dari upaya mitigasi kita,” jelasnya.

Di sisi lain, Danny Pomanto memuji kesigapan petugas pemadam kebakaran di kota Makassar. Ia mengatakan bahwa rata-rata waktu respon petugas pemadam kebakaran saat terjadi kebakaran adalah kurang dari 12 menit.

“Kesigapan petugas damkar sudah bagus, saya cek rata-rata di bawah 12 menit sudah tiba di lokasi,” pungkasnya.

Diketahui, baru-baru ini dalam sehari terdapat 18 unit rumah ludes terbakar pada Senin (19/08) lalu. Kejadian ini melanda dua kecamatan, pertama di Jl Regge, Lorong 4, Kelurahan Wala Walaya, Kecamatan Tallo. Sementara kebakaran kedua di Jl Abu Bakar lambogo, Kelurahan Bara-Baraya Selatan, Kecamatan Makassar.

PDAM Makassar