kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Beri Akses Layanan Perpustakaan Modern dan Efisien, SIPANDA Resmi Diluncurkan

Beri Akses Layanan Perpustakaan Modern dan Efisien, SIPANDA Resmi Diluncurkan
Peluncuran aplikasi SIPANDA di Ruang Edukasi Layanan Perpustakaan Ibu dan Anak (Dok: Ist)
banner 468x60

KabarMakassar.com — Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) melalui UPT Perpustakaan, resmi meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Perpustakaan Ibu dan Anak (SIPANDA). Ini dirancang untuk mempermudah pengunjung, terutama dari kalangan PAUD, TK, dan SD, dalam mengakses layanan perpustakaan secara lebih efisien dan modern.

Agenda peluncuran aplikasi tersebut dilaksanakan di Ruang Edukasi Layanan Perpustakaan Ibu dan Anak yang berlokasi di Jalan Lanto Dg.Pasewang, Kota Makassar pada Senin (02/09).

Pemprov Sulsel

Kegiatan tersebut dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan yang diwakili oleh Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Bapak Asriady Sulaiman, yang juga berperan sebagai mentor dalam Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA).

“Diharapkan agar aplikasi SIPANDA dapat menjadi terobosan yang memperkuat layanan perpustakaan ibu dan anak serta meningkatkan minat baca masyarakat, khususnya di Kota Makassar dan Provinsi Sulawesi Selatan umumnya,” ujar Asriady.

Reformer sekaligus Kepala UPT Perpustakaan, Kaharullah, menjelaskan bahwa SIPANDA memungkinkan pengunjung untuk mendaftar secara online.

“Jadi pengunjung dapat mendaftar dalam kelompok hingga 50 orang per hari dari Senin hingga Jumat. Pengunjung juga dapat melihat jadwal kunjungan yang telah ditentukan,” ucapnya.

“Selain itu dapat juga mengakses berita terkait Perpustakaan Ibu dan Anak, serta menyampaikan kritik dan saran demi peningkatan kualitas layanan perpustakaan. Infromasi tambahan bahwa Perpustakaan Ibu dan Anak dibuka secara umum mulai hari Senin sampai Ahad,” sambungnya.

Acara launching juga dihadiri oleh beberapa perwakilan para Kepala Sekolah PAUD, TK, dan SD se-Kota Makassar yang turut memberikan dukungan penuh terhadap program ini. Kehadiran sponsor dari PLAY N LEARN serta Lembaga Ibu dan Anak (LEMINA) sebagai stakeholder eksternal turut memperkuat komitmen bersama dalam mendukung aplikasi SIPANDA.

Dilaksanakan pula acara pemutaran video penggunaan aplikasi SIPANDA untuk memberikan gambaran praktis tentang cara menggunakannya.

Hadirnya aplikasi SIPANDA, diharapkan mampu membuat layanan perpustakaan bagi ibu dan anak dapat terlaksana secara optimal, serta mendorong peningkatan literasi dan kegemaran membaca masyarakat di Kota Makassar dan Provinsi Sulsel.

PDAM Makassar