kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Atlet Sulsel Bersiap Menuju PON XXI 2024

Atlet Sulsel Bersiap Menuju PON XXI 2024
Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sulawesi Selatan, Suherman (Dok: Nofi KabarMakassar)
banner 468x60

KabarMakassar.com — Atletl Sulawesi Selatan (Sulsel) kini tengah mempersiapkan diri untuk berkompetisi di Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XXI yang akan berlangsung di Aceh-Sumut pada 8 hingga 20 September 2024. Sebanyak 406 atlet Sulsel telah menjalani training center (TC) untuk setiap cabang olahraga (cabor).

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sulsel, Suherman, menyatakan bahwa para atlet Sulsel telah memulai TC di masing-masing cabor mereka.

Pemprov Sulsel

“Para atlet kita itu sudah menjalani training center beberapa waktu lalu,” ujar Suherman, Senin (26/08).

Ia juga menambahkan bahwa pihak Dispora telah melakukan kunjungan ke beberapa cabor yang sedang melaksanakan latihan singkat, termasuk cabang olahraga anggar dan panahan.

“Kami sudah kunjungi seperti cabang olahraga anggar serta panahan itu, kita lihat juga bagaimana mereka, proses latihannya di masing-masing lokasi latihan terpusat,” tukasnya.

Sementara, Sekretaris Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), Mujiburrahman menjelaskan bahwa pelaksanaan training center untuk persiapan PON 2024 kali ini akan dijalani para atlet selama 20 hari pada setiap cabor.

“Ini berbeda pada tahun sebelumnya, setiap cabor menjalani training center selama 30 hari. Jadi secara keseluruhan itu, seluruh atlet sudah menjalani training center yang akan berlangsung 20 hari dari KONI,” urainya.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa, training center beberapa cabang lomba harus dijalani pada tempat tertentu, bahkan adapula yang langsung menjalani training di lokasi pelaksanaan PON yang akan datang.

“Terdapat sejumlah cabor yang menjalani training center itu di luar Sulawesi Selatan, jumlah atlet sekitar 100 orang, seperti cabor selancar itu dilakukan di Bali. Kemudian ada cabor balap sepeda juga beberapa cabor lain yang memang memiliki venue atau tempat tertentu,” tuturnya.

Mujiburrahman juga mengungkapkan bahwa atlet Sulsel akan berkompetisi di 42 cabang olahraga dengan total 406 atlet putra dan putri. Para atlet ini dijadwalkan akan diberangkatkan sekitar tiga hari sebelum pembukaan PON XXI.

Para atlet diminta untuk tetap fokus dalam mematangkan persiapan menuju PON agar dapat menampilkan performa terbaik ketika bertanding.

Diketahui, capaian Sulsel dalam mendapatkan medali pada PON XX Papua terdiri dari 11 emas, 13 perak serta 13 perunggu. Sulsel juga menduduki peringkat ke-11 klasemen dari akumulasi sampai akhir perolehan medali.

PDAM Makassar