kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Amir Uskara-Irma Haeruddin Mendaftar ke KPU Gowa, Diusung 4 Parpol

Amir Uskara-Irma Haeruddin Mendaftar ke KPU Gowa, Diusung 4 Parpol
Paslon Gowa 2024 Amir Uskara-Irma Haeruddin mendaftar ke kantor KPU Gowa (Dok : Ist).
banner 468x60

KabarMakassar.com — Pasangan Amir Uskara dan Irmawati Haeruddin secara resmi mendaftarkan diri sebagai bakal calon bupati dan wakil bupati Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan 2024, Pilkada 2024.

Dimana Amir Uskara-Irma Haeruddin mendaftar ke kantor KPU Gowa, Rabu (28/08). Duet ini mendaftar sebagai paslon bupati diiringi ribuan massa pendukung dengan usungan empat partai politik pemilik kursi DPRD Gowa.

Pemprov Sulsel

Amir Uskara-Irma Haeruddin diarak ke kantor KPU Gowa menggunakan mobil bak terbuka. Sementara massa ada yang berjalan kaki hingga mengendarai sepeda motor.

Setibanya di lokasi sekira pukul 10.30 WITA, pasangan Amir Uskara-Irma Haeruddin disambut Ketua KPU Gowa Fitrah Syahdanul bersama 4 komisioner lainnya serta para anggota Bawaslu Gowa

“Selamat datang pak Haji Amir Uskara dan Ibu Irmawati Haeruddin. Kami minta bapak ibu tetap duduk sembari kita verifikasi berkas syarat pencalonan,” kata Fitrah Syahdanul.

Duet Amir-Irma mendaftar sebagai bakal paslon Bupati Gowa dengan menyerahkan berkas 4 partai politik pengusung. Keempatnya adalah PPP, Partai Nasdem, PKB dan Gelora.

Sebagai peserta Pilkada 2024, mereka diterima langsung oleh Ketua KPU Kabupaten Gowa, Fitra Syahdanul bersama Anggota masing masing Nursalam Samad, Hasnawati H, Suardi.

Selama kurang-lebih 1 jam proses verifikasi dukungan, di luar kantor KPU Gowa para pendukung Amir Uskara-Irma Haeruddin silih berganti menyampaikan orasi politik. Pada proses pendaftaran ini, Amir Uskara-Irma Haeruddin juga menyerahkan visi dan misinya sebagai paslon Bupati Gowa 2024.

Adapun visi-misi tersebut merujuk RPJPD Gowa 2025-2045. Paslon Bupati Gowa Amir Uskara-Irma Haeruddin merampungkan proses pendaftaran di kantor KPU Gowa sekira pukul 12.00 WITA.

Sementara itu, usai pendaftaran Amir Uskara-Irma Haeruddin, jajaran KPU Gowa juga dijadwalkan kedatangan pasangan Husniah Talenrang-Darmawangsyah Muin.

Ketua KPU Kabupaten Gowa, Fitra Syahdanul saat dikonfirmasi KabarMakassar.com mengatakan bahwa sebagai penyelenggara pemilu pihaknya akan melakukan pemeriksaan secara teliti setiap berkas paslon yang mendaftar.

“Soal berkas paslon ada tim KPU Gowa yang memerika secara detail hingga nanti pleno penetapan paslon,”ujarnya.

Diketahui, kandidat calon bupati Gowa, Sitti Husniah Talenrang alias HT dan Darmawangsyah Muin alias DM, semakin solid menjelang pilkada Gowa di pergulirkan 27 November 2024 mendatang. Setelah, HT kemarin sukses mengumpulkan kader dan ribuan tim pemenangannya di Gedung Haji Bollo, Kecamatan Sombaopu Gowa.

Dimana Husniah Talenrang dan Darmawangsyah Muin menggelar pertemuan perdana, di Cafe Kepo, Kecamatan Panakkukang, Kota Makassar. Husniah Talenrang dan Darmawangsyah Muin sama-sama didampingi tim pemenangannya, Kamis (22/08) lalu.

Ketua Tim pemenangan Muhammad Kasim Sila saat dikonfirmasi mengatakan bahwa pertemuan tak lain adalah untuk memantapkan strategi menjelang pendaftaran KPU hingga pencoblosan pada 27 Nopember mendatang.

“Alhamdulilah, setelah konsolidasi kader dan simpatisan di Gedung Haji Bollo, kita langsung melakukan pertemuan perdana, khusus bersama tim pemenangan pak Darmawangsyah, dengan tujuan rencana kerja pemenangan kedepannya. Sekaligus mempersiapkan rencana mendaftar di KPU Gowa,” ungkap Muhammad Kasim Sila kepada kabarmakassar.com, Jumat (23/08).

Selain itu, ia juga mengaku, tak menyangka saat konsolidasi berlangsung, membludak tim dan simpatisan yang hadir.

“Kemarin menjadi bukti bahwa pasangan Husniah Talenrang dan Darmawangsyah Muin sangat di rindu-rindukan warga Gowa. Kami berkomitmen untuk membangun sinergitas bersama di Pilkada Gowa,” katanya.

“Saling berkolaborasi memberi saran dan masukan, seperti apa langkah selanjutnya yang di tempuh untuk memenangkan ibu Husniah Talenrang dan Pak Darmawangsyah Muin menjadi Bupati di butta bersejarah rewako Gowa,” tambahnya.

Diketahui, Partai Gerindra secara resmi menerbitkan surat rekomendasi kepada Siti Husniah Talenrang dan Darmawangsyah Muin sebagai bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati Kabupaten Gowa, Sulsel, Pilkada 2024.

Ketua Tim Darmawangsyah Muin, Rahmansyah, mengonfirmasi surat rekomendasi Gerindra kepada Husniah Talenrang-Darmawangsyah Muin untuk berpasangan maju Pilkada Gowa.

Surat rekomendasi tersebut diserahkan Ketua DPD Partai Gerindra Sulsel, Andi Iwan Darmawan Aras di ruang fraksi Partai Gerindra DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (19/8) malam.

“Benar, ibu Husniah Talenrang sebagai 01 dan pak Darmawangsyah Muin sebagai 02,” kata Rahmansyah dalam keterangan kepada media, Selasa (20/8).

Dimana keputusan Darmawangsyah Muin menjadi pendamping Husniah Talenrang di Pilkada Gowa terbilang cukup mengejutkan. Apalagi, Darmawangsyah telah menyosialisasikan diri sebagai bakal calon Bupati Gowa.

Bahkan Partai Demokrat telah menerbitkan surat usungan kepada Darmawangsyah berpakrt kader Mercy, Rismawati Kadir Nyampa. Rahmansyah menyebut, DM sapaam Darmawangsyah Muin, memilih 02 dari Husniah Talenrang karena demi kepentingan masyarakat Gowa.

“Tentu ini bagian dari kepentingan gowa dan rakyat gowa. Inimi yang terbaik apalagi atas perintah Partai Gerindra ke pak DM,” jelas Rahmansyah.

Dengan bergabungnya Gerindra mengusung Husniah Talenrang-Darmawangsyah Muin, maka paslon ini sudah mencukupkan syarat dukungan partai untuk Pilkada Gowa.

PDAM Makassar