kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Usung Tema Pembangunan Ekonomi, KPU Sulbar Siap Gelar Debat Perdana Pilgub

Usung Tema Pembangunan Ekonomi, KPU Sulbar Siap Gelar Debat Perdana Pilgub
Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan Sumber Daya Manusia KPU Sulbar, Budiman Imran (Dok : Ist).
banner 468x60

KabarMakassar.com — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) memastikan debat perdana Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulbar akan berlangsung di gedung Gadis, Kabupaten Polewali Mandar pada Rabu (30/10) mendatang.

Persiapan debat perdana ini menjadi fokus utama KPU Sulbar untuk menyukseskan penyelenggaraan debat publik empat pasangan calon.

Pemprov Sulsel

Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan Sumber Daya Manusia KPU Sulbar, Budiman Imran, mengatakan, KPU bersama tim perumus debat telah menunjuk Zainal Arifin Mochtar, seorang pakar hukum tata negara, sebagai moderator untuk debat publik putaran pertama.

“Alhamdulillah, kami telah melakukan rapat koordinasi, telah disepakati bersama Zainal Arifin Mochtar sebagai moderator debat putaran pertama,” ujarnya saat diwawancarai wartawan pada Jumat (25/10).

Debat perdana ini akan mengusung tema besar “Pembangunan Ekonomi, Infrastruktur, dan Kelestarian Lingkungan”. Tema tersebut dipilih sebagai gambaran arah kebijakan pembangunan provinsi Sulawesi Barat kedepan.

Selain itu, terdapat 6 sub tema yang juga akan dibahas, meliputi infrastruktur, investasi, lapangan kerja, pengembangan usaha kecil menengah, lingkungan hidup dan mitigasi bencana, serta potensi pariwisata.

Budiman menjelaskan, penentuan tema dan sub tema ini merupakan hasil kesepakatan tim perumus yang sudah dibentuk.

Tema tersebut disesuaikan dengan potensi dan kebutuhan daerah tempat debat berlangsung, seperti di Polman yang dikenal sebagai pusat perputaran ekonomi di Sulbar.

“Tim perumus telah menyesuaikan tema ini dengan rencana pembangunan daerah dari Bapperida Sulbar,” tutup Budiman.

PDAM Makassar