kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Kreatif di Balik Jeruji, Napi Lapas Takalar Produksi Sandal Anyam Berkualitas

Kreatif di Balik Jeruji, Napi Lapas Takalar Produksi Sandal Anyam Berkualitas
Warga Binaan Lapas Takalar saat membuat sandal anyaman (Dok : Ist).
banner 468x60

KabarMakassar.com — Warga Binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Takalar mulai memproduksi sandal anyam, dalam sehari satu warga binaan bisa menghasilkan dua sandal anyam siap pakai.

Kepala Subseksi Bimbingan Kerja, Abd. Kadir mengatakan jika ada 10 Warga Binaan yang terlibat dalam produksi sandal anyam, satu sandal anyam dijual dengan harga Rp30 ribu.

Pemprov Sulsel

“Saat ini kami menerima pesanan sandal anyam dari Bank BRI sebanyak 16 buah, Warga Binaan fokus menyelesaikan itu,” kata Abd. Kadir, Jumat (25/10).

Abd. Kadir menambahkan jika bahan baku menjadi salah satu kendala yang dihadapi dalam pembuatan sandal anyaman, sehingga membuat produksinya terhambat.

“Bahan bakunya berupa spon alas dan anyaman tikar yang kemudian dicetak sesuai bentuk kaki. Bahan baku ini dipesan dari luar, dan ini kadang yang telat datang,” tambahnya.

Menanggapi produktivitas warga binaannya, Kepala Lapas Takalar, Mansur, memberi apresiasi dan berharap sandal anyaman bisa menjadi produk yang diminati masyarakat di luar.

“Kami ingin produk ini bisa dikenal masyarakat, sebagai bukti keberhasilan pembinaan kami, keberhasilan itu tentu tidak bisa lepas dari peran dan dukungan pemerintah setempat,” kata Mansur.

Ia berharap melalui pembinaan keterampilan warga binaan punya aktivitas positif selama menjalani masa pembinaan, sekaligus punya bekal saat bebas nanti.

“Ini bisa membangun citra positif bagi warga binaan dan lapas,” tambahnya.

Salah seorang warga binaan, SW, merasa senang bisa terlibat dalam pembuatan sendal anyam.

“Kami punya aktivitas untuk mengusir rasa jenuh selain itu, kami juga paham cara membuat sandal anyam,” kata SW.

PDAM Makassar