kabarbursa.com
kabarbursa.com

Hari Ini, Prabowo-Gibran Dilantik Jadi Presiden dan Wapres!

Hari Ini, Prabowo-Gibran Dilantik Jadi Presiden dan Wapres!
Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka (Foto : ist).
banner 468x60

KabarMakassar.com — Pasangan terpilih Presiden dan Wakil Presiden hasil Pilpres 2024, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, akan dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia periode 2024-2029 di Gedung Nusantara, kompleks parlemen, Jakarta, pada Minggu ini.

Acara pelantikan akan dimulai pukul 10.00 WIB dengan pembukaan oleh Ketua MPR RI Ahmad Muzani. Setelah itu, Prabowo dan Gibran akan mengucapkan sumpah jabatan di hadapan para tamu undangan dan anggota parlemen.

Pemprov Sulsel

Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin dijadwalkan hadir dalam sidang paripurna tersebut. Setelah prosesi pelantikan, Jokowi dan Ma’ruf akan bertukar tempat duduk dengan Prabowo dan Gibran sebagai simbol transisi kepemimpinan.

Selanjutnya, Prabowo Subianto akan menyampaikan pidato pertamanya sebagai Presiden ke-8 Republik Indonesia. Selain disaksikan oleh anggota DPR, DPD, serta tamu undangan, pelantikan ini juga akan disaksikan oleh tamu negara sahabat dan masyarakat luas.

Pada 24 April 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI resmi menetapkan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai pasangan Presiden dan Wakil Presiden terpilih dalam Pilpres 2024, setelah mengalahkan dua pasangan lainnya, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md.

Pasangan Prabowo-Gibran berhasil meraih 96.214.691 suara, atau 58,59 persen dari total suara sah nasional, dan memenuhi syarat minimal 20 persen suara di setiap provinsi di 38 provinsi di Indonesia. Penetapan ini tercantum dalam Berita Acara Nomor 252/PL.01.9-BA/05/2024 tentang Penetapan Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Terpilih.

PDAM Makassar