kabarbursa.com
kabarbursa.com

Pj Sekda Makassar Kini Dijabat Irwan Adnan, Gantikan Firman Pagarra

Pj Sekda Makassar Kini Dijabat Irwan Adnan, Gantikan Firman Pagarra
Irwan Rusfiady Adnan usai resmi dilantik sebagai Pj Sekda Makassar, Jumat (16/10) (dok Hanifah KabarMakassar)
banner 468x60

KabarMakassar.com — Irwan Adnan resmi dilantik sebagai Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Makassar, menggantikan Firman Hamid Pagarra, yang berlangsung di ruang Sipakatau, Balaikota Makassar, pada Jumat (18/10). Pelantikan tersebut dipimpin oleh Penjabat Sementara (Pjs) Wali Kota Makassar, Andi Arwin Azis, dan dihadiri oleh pejabat Pemkot, unsur Forkopimda, serta tamu undangan lainnya.

Usai dilantik, Irwan Adnan menyampaikan rasa syukur atas amanah yang dipercayakan kepadanya dan menegaskan komitmennya untuk segera bekerja demi meningkatkan kinerja pemerintah kota.

Pemprov Sulsel

Dengan sisa waktu dua bulan menjelang tahun anggaran 2025, ia menekankan pentingnya mempercepat serapan anggaran agar tidak berdampak pada pelayanan publik.

“Sisa dua bulan lagi menuju 2025, serapan anggaran yang rendah pasti akan mempengaruhi masyarakat. Ini yang akan saya dorong, tentu dengan membantu Pjs Wali Kota Makassar menjaga pelaksanaan program strategis,” ungkap Irwan.

Sebagai langkah awal, Irwan Adnan berencana memanggil seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk mengidentifikasi kendala yang ada serta mengevaluasi kinerja mereka.

“Saya akan segera mengumpulkan OPD dan mengevaluasi apa saja masalahnya, sehingga kita bisa memastikan bahwa semua program yang sudah dicanangkan dapat berjalan dengan baik,” ujarnya.

Irwan Adnan, yang saat ini juga menjabat sebagai Staf Ahli Bidang Perekonomian, Pembangunan, dan Sosial Setda Kota Makassar, menegaskan bahwa fokus utamanya adalah memastikan sinergitas antar-OPD demi mencapai target-target pemerintah.

“Menjelang akhir tahun ini, penting bagi kita untuk memastikan bahwa seluruh program dapat terlaksana dengan tepat dan efisien, sehingga kebijakan yang telah disusun bisa terealisasi sesuai rencana,” jelasnya.

Selain itu, ia berkomitmen untuk menjaga netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN), terutama di masa kampanye Pilkada yang sedang berlangsung. Irwan menegaskan bahwa ASN harus tetap profesional dan tidak terlibat dalam politik praktis, agar pelayanan kepada masyarakat tidak terganggu.

“Kami memastikan bahwa seluruh ASN, mulai dari OPD, camat, lurah, hingga RT/RW, tetap netral. Jika ada yang melanggar dengan terlibat dalam politik praktis, maka akan ada tindakan tegas sesuai dengan peraturan yang berlaku,” tegas Irwan.

Irwan Adnan menggantikan Firman Hamid Pagarra, yang telah menjabat sebagai Pj Sekda sejak Januari 2024 dan berakhir masa jabatannya pada 17 Oktober 2024 setelah tiga kali perpanjangan. Irwan terpilih dari tiga nama yang diajukan oleh Pjs Wali Kota Makassar, Andi Arwin Azis, kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan.

PDAM Makassar