kabarbursa.com
kabarbursa.com

RSUD Haji Gelar Operasi Katarak Gratis, Berikut Syaratnya!

RSUD Haji Gelar Operasi Katarak Gratis, Berikut Syaratnya!
Ilustrasi operasi katarak (Dok: Int).
banner 468x60

KabarMakassar.com — Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Sulawesi Selatan (Sulsel) ke 355, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Rumah Sakit Haji Makassar akan menggelar operasi katarak gratis untuk masyarakat kurang mampu, dari wilayah terpencil atau yang jauh dari fasilitas medis serta lansia.

Direktur RSUD Haji Makassar, Evi Mustikawati Arifin mengatakan, dalam rangka memperingati HUT Sulsel, pihaknya bekerjasama dengan Persatuan Dokter Mata Indonesia (Perdami) Sulsel akan mengadakan bakti sosial Operasi Katarak pada Sabtu (19/10) nanti di UPT RSUD Haji Makassar.

Pemprov Sulsel

“Target peserta kita sebanyak 50 orang dengan sasaran peserta masyarakat kurang mampu. Terutama mereka yang tidak memiliki akses terhadap layanan kesehatan berkualitas atau tidak mampu membayar operasi katarak secara mandiri,” ujarnya saat dikonfirmasi pada Minggu (13/10) malam.

Selain masyarakat kurang mampu, kata Evi, operasi katarak ini juga menyasar masyarakat lanjut usia atau lansia. Kalangan lansia diakuinya sebagai salah satu kelompok masyarakat yang paling sering mengalami penyakit katarak. Sehingga, lansia menjadi salah satu kelompok prioritas.

Menurut Evi, kelompok lainnya yakni masyarakat penderita katarak dari wilayah terpencil atau yang jauh dari fasilitas medis. Kelompok ini sering menjadi sasaran utama karena akses terhadap layanan kesehatan yang terbatas.

“Kami juga menyasar kelompok pekerja informal. Pekerja yang tidak memiliki asuransi kesehatan atau tunjangan kesehatan juga sering menjadi target operasi katarak gratis. Sasaran peserta lainnya, yakni pasien dengan komplikasi katarak atau mereka yang sudah mengalami penurunan penglihatan akibat katarak dan belum mendapatkan penanganan medis,” pungkasnya.

Untuk persyaratan yang harus dipenuhi peserta Operasi Katarak gratis, lanjut Evi, yaitu hanya dengan membawa Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Sementara bagi yang tertarik untuk mengikuti bakti sosial tersebut dan memenuhi kriteria peserta yang telah disebutkan diatas, maka yang berminat dapat menghubungi drg Burhanuddin di nomor WhatsApp 085242719459 atau menghubungi Asriani Asdar di nomor WhatsApp 081355840177.

PDAM Makassar