kabarbursa.com
kabarbursa.com

PKKMB Unifa 2024 : Persiapkan Mahasiswa Baru Hadapi Tantangan Era Digital

PKKMB Unifa 2024 : Persiapkan Mahasiswa Baru Hadapi Tantangan Era Digital
(Foto : Dok. Serli KabarMakassar).
banner 468x60

KabarMakassar.com — Universitas Fajar (Unifa) Makassar melaksanakan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun 2024. Kegiatan yang berlangsung selama kurang lebih 10 hari ini diadakan sebagai masa transisi bagi mahasiswa baru dari jenjang pendidikan menengah ke pendidikan tinggi.

PKKMB diikuti oleh mahasiswa dari dua program, yaitu program reguler dan program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL).

Pemprov Sulsel

Deputi Rektor 1 Dr. Ir. H. Ismail Marzuki, S.Si., M.si menjelaskan bahwa kegiatan PKKMB terbagi dalam empat bagian utama.

“PKKMB dimulai pada Sabtu lalu dengan terapi KKM, bertujuan memperkenalkan acara-acara yang akan dilalui mahasiswa baru selama kegiatan,” jelasnya.

Selama PKKMB, mahasiswa diperkenalkan pada berbagai materi, termasuk wawasan kebangsaan, pengisian KRS, kurikulum, serta peran penasihat akademik.

“Mahasiswa juga akan memahami sistem akademik seperti indeks prestasi, KRS, KHS, dan lain-lain,” tambahnya.

Menariknya, pada Senin mendatang, materi penyambutan akan disampaikan sepenuhnya dalam bahasa Inggris selama dua hari.

“Kami percaya bahwa kompetensi bahasa Inggris akan semakin dibutuhkan di masa depan, sehingga kami ingin membekali mahasiswa sejak dini,” katanya.

Puncak kegiatan PKKMB akan diadakan pada 2 Oktober, di mana mahasiswa baru akan secara simbolis diterima dalam acara penyambutan resmi. Acara ini juga dirangkaikan dengan rapat pimpinan dan kuliah umum yang menghadirkan narasumber terkemuka, termasuk Penjabat Gubernur serta perwakilan dari Telkomsel dan perbankan.

Sebanyak 407 mahasiswa reguler terdaftar dalam kegiatan PKKMB tahun ini. Selain itu, mahasiswa RPL yang mengikuti kegiatan secara daring, mengingat mereka merupakan pekerja aktif.

“Mahasiswa RPL adalah mahasiswa yang telah bekerja, sehingga mereka tidak bisa hadir langsung di kampus. Mereka akan mengikuti kegiatan secara virtual,” ungkap Rektor.

PKKMB Unifa 2024 mengusung tema “Beyond DJPreneur Transformation,” yang mencerminkan visi Unifa dalam menghadapi tantangan era digital.

“Tagline Unifa memang entrepreneur, namun dengan perkembangan teknologi saat ini, kami menambahkan ‘beyond’ sebagai simbol gerak dinamis dan transformasi,” jelas Dr. Muliyadi.

PKKMB Unifa 2024 tidak hanya menjadi ajang perkenalan kampus, namun juga menjadi langkah awal bagi mahasiswa baru dalam mempersiapkan diri menghadapi perjalanan akademik yang penuh tantangan. (Serli).

PDAM Makassar