kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Agus-Erwin Barabba Siap Mendaftar ke KPU Luwu

Agus-Erwin Barabba Siap Mendaftar ke KPU Luwu
Pasangan bakal calon Bupati-Wakil Bupati Luwu 2024 Agussalim dan Erwin Barabba (Dok : Ist).
banner 468x60

KabarMakassar.com — Pasangan bakal calon Agussalim dan Erwin Barabba, hari ini Selasa (27/08) akan mendaftar ke KPU Luwu, Sulawesi Selatan sebagai bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Luwu, Sulsel, Pilkada 2024.

Dimanan pasangan Agus-Erwin mendaftar ke KPU Luwu dengan diusung 4 partai politik. Duet ini mampu menyatukan PDI Perjuangan dan Partai Gerindra yang sulit berkoalisi di level provinsi.

Pemprov Sulsel

Dua partai lainnya yang mengusung Agus-Erwin di Pilkada Luwu adalah Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Amanat Nasional (PAN).

“Iya, Insya Allah hari ini kami mendaftar dengan usungan partai yakni Gerindra, PDIP, PPP dan PAN,” ucap Erwin Barabba, Selasa (27/08).

Dengan usungan 4 partai tersebut, Agus-Erwin sudah mencukupkan syarat pencalonan maju Pilkada Luwu sesuai PKPU Nomor 10 tahun 2024. Suara keempat partai melebihi syarat minimal 8,5 persen perolehan suara sah.

PDIP, PPP maupun Gerindra juga masing-masing memiliki 5 kursi di DPRD Luwu. Erwin Barabba berharap keputusannya maju mendampingi Agussalim selaku pensiunan TNI mendapat dukungan dari masyarakat Luwu.

“Mohon doa dan dukungan masyarakat Luwu semoga pasangan Agus Win diberikan kepercayaan dan amanah untuk menahkodai Kabupaten Luwu 2024-2029,” pungkas Erwin Barabba.

Ketua KPU Luwu Sappe Atmaja, saat dikonfirmasi KabarMakassar.com, mengatakan bahwa melalui surat yang diterima Sekretariat KPU Luwu pihaknya siap menerima peserta Pilkada serentak 2024 sebagai paslon.

“Iye begitu jadwalnya kami siap menerima pendaftaran setiap paslon,” singkat Sappe Atmaja.

Adapun duet paslon Arham Basmin Mattayang dan Rahmat yang mana mendapat dukungan sejumlah tokoh untuk memimpin Kabupaten Luwu, Sulsel.

Dua di antaranya datang dari Tabi Pasenggong dan Ruddin Sibutu. Nama terakhir adalah anggota DPRD Luwu Fraksi Partai Golkar.

Meski partai beringin mengusung Patahuddin-Dhevy Bijak, Ruddin Sibutu memilih mendukung Arham-Rahmat. Sementara Tabi Passengong merupakan pensiunan tentara dengan pangkat terakhir letnan kolonel.

Tabi mendukung Arham-Rahmat setelah undur diri dari proses perebutan partai sebagai kandidat Bupati Luwu. Dukungan Ruddin Sibutu dan Tabi Pasenggong kepada Arham-Rahmat diamini oleh Sekretaris Nasdem Luwu, Adi Atma. Ia bersyukur, kedua tokoh tersebut memberikan dukungan kepada Arham-Rahmat.

“Alhamdulillah sangat kami syukuri, apresiasi atas dukungan bapak Tabi dan bapak Ruddin Sibutu kepada pasangan ABM-Rahmat,” kata Adi Atma dalam keterangan tertulis, Jumat (16/8) lalu.

Sementara itu, duet Patahuddin-Muh. Dhevy Bijak Pawindu hampir dipastikan mencukupkan syarat dukungan partai untuk maju Pilkada Kabupaten Luwu, 2024 menyusul tiket Golkar dan Demokrat.

Dimana kepastian itu ditandai setelah Pata-Dhevy menerima surat rekomendasi dukungan dari Partai Demokrat di Jakarta, Kamis (8/8) lalu.

Dukungan tersebut diserahkan langsung Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono. Dalam tayangan live YouTube DPP Partai Demokrat, penyerahan surat dukungan untuk Pata-Dhevy turut disaksikan Ketua DPD Demokrat Sulsel, Ni’matullah.

“Berikutnya, bapak Patahuddin dan Muh. Dhevy Bijak Pawindu yang merupakan anggota DPR RI Partai Demokrat,” ujar master ceremony pada penyerahkam rekomendasi Demokrat untuk kandidat Pilkada Luwu.

Dimana Pata-Dhevy sudah menerima surat rekomendasi pencalonan dari DPP Partai Golkar. Partai Beringin punya 5 kursi di DPRD Luwu dan Demokrat 3 kursi hasil Pileg 2024.

Dengan demikian, duet kader Golkar dan Demokrat ini sudah mencukupkan syarat dukungan 8 kursi partai untuk maju Pilkada Luwu 2024.

Diketahui, pasangan bakal calon bupati dan wakil Bupati Luwu, Sulsel, Patahuddin-Muh. Dhevy Bijak Pawindu menjanjikan akses jaringan internet gratis untuk masyarakat di daerah berjuluk Bumi Sawerigading.

PDAM Makassar