kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Ketua Bawaslu Lutim Ajak KPU Bersinergi Wujudkan Daftar Pemilih Berkualitas

Ketua Bawaslu Lutim Ajak KPU Bersinergi Wujudkan Daftar Pemilih Berkualitas
Rapat koordinasi persiapan rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang diselenggarakan KPU Luwu Timur di Wisma Golden Malili (Dok : Ist).
banner 468x60

KabarMakassar.com — Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Luwu Timur, Pawennari mengatakan bahwa Bawaslu dan KPU beserta jajarannya memiliki tujuan yang sama untuk mewujudkan daftar pemilih berkualitas.

Tujuan yang sama itu kata dia adalah memastikan setiap warga negara yang berhak untuk memilih mendapatkan tempat di daftar pemilih.

Pemprov Sulsel

Olehnya itu, Pawennari mengajak KPU dan jajarannya untuk bersinergi dan berjuang bersama melayani dan mengawal hak pilih warga untuk mewujudkan daftar pemilih berkualitas.

“Kesamaan tujuan untuk mewujudkan daftar pemilih berkualitas harus benar-benar dimaknai oleh seluruh jajaran penyelenggara Pemilu baik Bawaslu maupun KPU sebagai satu kesatuan sistem yang tidak terpisahkan dalam proses pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilih,” ungkap Pawennari saat menghadiri rapat koordinasi persiapan rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang diselenggarakan KPU Luwu Timur di Wisma Golden Malili, Jumat (09/08).

Koordinator Divisi SDMO, Diklat, dan Datin itu berpesan agar jajaran penyelenggara pemilu yakni KPU dan Bawaslu tidak menghabiskan waktu dalam perdebatan teknis yang sifatnya prosedural.

“Padahal sebenarnya jika melihat secara substansi, setelah dikonfirmasi, ditampung, dan dilakukan verifikasi berdasarkan tata cara, prosedur dan mekanisme maka setiap warga yang memenuhi syarat sebagai pemilih harus diakomodir kedalam daftar pemilih,” tegasnya.

“Jajaran pengawas Pemilu maupun penyelenggara teknis harus membangun argumentasi berbasis data dengan didukung bukti-bukti administrasi yang lengkap untuk menghindari perdebatan yang berkepanjangan,” tambahnya.

Data pemilih merupakan pusat perhatian publik olehnya itu dibutuhkan tanggung jawab dan kolaborasi bersama, baik penyelenggara Pemilu yaitu Bawaslu dan KPU termasuk pemerintah dan masyarakat itu sendiri sehingga komunikasi lintas stakeholder perlu diperkuat

“Kepentingan kita dalam menyusun daftar pemilih bukanlah kepentingan Bawaslu maupun KPU tapi kepentingan data pemilih,” pungkasnya.

Kegiatan ini dihadiri Panwaslu Kecamatan dan PPK Se-Kabupaten Luwu Timur. Hadir pula Komisioner KPU Hamdan, Kasubbag Keuangan Umum Logisti Fatmawati dan Kasubbag Perencanaan Data dan Informasi Mayasari.

PDAM Makassar