kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Sejumlah Parpol Bakal Koalisi dengan NasDem, Usung Rusdin Abdullah

Sejumlah Parpol Bakal Koalisi dengan NasDem, Usung Rusdin Abdullah
Ketua DPD Partai NasDem Makassar Andi Rachmatika Dewi (Dok : ist).
banner 468x60

KabarMakassar.com — Menjelang Pilwali Makassar 2024, sejumlah partai politik berencana bergabung atau berkoalisi dengan Partai NasDem untuk mengusung Rusdin Abdullah (Rudal) sebagai bakal calon walikota.

Hal itu diungkapkan Ketua DPD Partai Nasdem Kota Makassar, Andi Rachmatika Dewi. Disebutkan bahwa Rudal disebut akan mendapat tambahan partai selain Nasdem yang telah mengusulkan nama pengusaha tersebut ke DPP.

Pemprov Sulsel

“Sejumlah partai yang sudah ancang-ancang jadi koalisinya Nasdem di Pilwali Makassar,” ucap Cicu sapaan Andi Rachmatika Dewi kepada awak media, di gedung DPRD Sulawesi Selatan.

Menurut Cicu, untuk Pilwali Makassar partainya harus berkoalisi partai lain untuk mendaftarkan Rudal ke KPU. Dimana syarat pencalonan Pilkada Makassar minimal 10 kursi, sementara partai besutan Surya Paloh meraih 8 kursi di DPRD hasil pemilu terakhir.

Sejauh ini Nasdem semakin intens menjalin komunikasi dengan sejumlah partai agar Rudal bisa masuk arena Pilkada Makassar. Cicu menyebut kursi partai pengusung Rudal bakal lebih dari syarat minimal.

“Artinya sudah ada komunikasi yang dijalin dengan beberapa partai. Yah dua tiga partai (akan gabung). Bisa lebih kursinya, kita (Nasdem) kan delapan,” ujar Ketua Komisi D DPRD Sulsel ini.

Selain itu, Cicu juga mengatakan, Nasdem Makassar ikut men-support sejumlah kegiatan Rudal untuk menyosialisasikan dirinya sebagai bacalon wali kota.

Terkait rekomendasi dukungan dari Nasdem untuk Rudal, ia menjelaskan bahwa hal itu adalah wewenang pengurus pusat. Cicu hanya memastikan bahwa dirinya siap menjadi ketua tim pemenangan Rudal jika diperintahkan oleh Nasdem.

“Saya apapun penugasan partai saya siap, kalau partai menugaskan yah saya siap. Intinya itu,” pungkasnya.

Sementara itu, Wakil Bendahara Umum DPP NasDem, Fatmawati Rusdi mengatakan bahwa keputusan NasDem untuk mengusung Rusdin Abdullah dalam Pilwalkot Makassar 2024 sudah final.

Sebagai pengurus DPP, Fatmawati bersama kader dan pengurus DPW NasDem Sulsel serta DPD Kota Makassar berkomitmen untuk all out memenangkan Rudal di Pilwalkot Makassar pada 27 November mendatang.

“Kalau saya ada di sini, artinya siap all out menangkan Pak Rudal di Pilwali. Ini sudah jelas,” tegas Fatmawati di posko pemenangan Rusdin Abdullah, Jl. AP Pettarani Makassar, Minggu (16/6) lalu.

Sebagai bentuk dukungan dan support, Fatmawati, istri Ketua DPW NasDem Sulsel, juga berpartisipasi dalam kegiatan pelayanan pemeriksaan kesehatan gratis untuk warga Kota Makassar yang dilakukan oleh Rudal di Kawasan Car Free Day Boulevard Makassar.

Mantan Wakil Wali Kota Makassar itu menegaskan kehadirannya di acara Car Free Day serta di posko Rudal sebagai bukti bahwa NasDem sudah pasti mengusung pengusaha tersebut di Pilwalkot Makassar.

Dia berpandangan bahwa Rudal adalah sosok pengusaha dengan komitmen kuat. Apalagi pada Pilwalkot 2020 lalu, Rudal adalah bagian dari tim pemenangan Danny-Fatma “ADAMA”.

“Pak Rudal punya peran penting saat itu. Saat saya maju di Pilwalkot kemarin, banyak dibantu oleh beliau. Sebagai bagian dari tim pemenangan, kalau Pak Rudal mau maju, kami di NasDem pasti support,” terang Fatmawati.

Fatmawati menambahkan bahwa dirinya tidak akan maju di Pilkada Makassar karena figur yang berpotensi maju adalah sahabat dan teman dekatnya.

“Yang mau maju itu teman semua. Kita bingung, tapi tentunya kita harus lihat semua tergantung survei. Setiap orang pasti mau menang, kita lihat dulu siapa yang punya kans,” jelasnya.

Caleg DPR RI terpilih itu menambahkan, nama Rudal menjadi prioritas NasDem. Apalagi tidak membuka pendaftaran, sehingga dalam waktu dekat partainya akan melakukan survei internal, kemudian pleno penetapan di DPP dan dilanjutkan dengan penyerahan rekomendasi.

“Pak Rudal itu memang sudah tokoh di Makassar. Tinggal di-reborn lagi. DPW akan ada nama yang dikirimkan. Jadwal kota tanggal 21 sudah mulai jalan survei, dan tanggal 27 pengambilan sampel, tanggal 29 responden,” tutupnya.

Sementara itu, jelang kontestasi Pilwali Kota Makassar 2024 yang dihelat 27 Nopember mendatang, Rudal berlatar belakang pengusaha ini telah mengantongi dukungan dari Partai NasDem yang memiliki 8 kursi.

Dimana menyebutkan bahwa salah satu partai lagi akan bergabung dalam koalisi untuk mencapai syarat minimum 10 kursi yang diperlukan.

“Bentuk keseriusan di pilwali? Insya Allah sudah cukup partai dan kursi. Nanti di awal Agustus, jelang pendaftaran kita umumkan. NasDem 8 kursi, dan ada salah satu partai lagi,” ujar Rudal usai acara pelayanan pemeriksaan kesehatan gratis bagi warga Makassar di Kawasan Car Free Day, Boulevard Makassar, Minggu (16/6).

Kepada awak media, Rudal mengungkapkan bahwa partai yang akan berkoalisi dengan NasDem adalah PAN, yang memiliki 3 kursi. Dengan tambahan ini, mereka akan melampaui syarat minimum kursi yang ditetapkan oleh PKPU.

“Jadi, selain NasDem, Insya Allah PAN bersama kami. Tidak menutup kemungkinan partai lain yang mau ikut, karena sementara baru 2 partai itu,” jelasnya.

Ia menegaskan bahwa dirinya akan mencalonkan diri sebagai calon Wali Kota (01), bukan sebagai calon Wakil Wali Kota (02).

“Saya maju sebagai 01. Kalau wakil, kami serahkan ke partai. Kita cari 02 yang berpengalaman di pemerintahan, sesuai keinginan masyarakat,” tambahnya.

Rudal juga menyatakan keterbukaannya dalam berkomunikasi dengan semua calon yang berencana maju di Pilwali ini. Niatnya untuk maju juga didukung oleh kerabat dan sahabat dari berbagai organisasi non-partai dan kalangan pengusaha.

PDAM Makassar