kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Trisal-Ome Segera Deklarasi Maju Pilwali Palopo

Trisal-Ome Segera Deklarasi Maju Pilwali Palopo
Dari kiri ke kanan: Unru Baso, Trisal Tahir bakal calon Walikota Palopo 2024 dan Mustahir Sidu. Foto IST
banner 468x60

KabarMakassar.com — Trisal Tahir dan Akhmad Syarifuddin Daud atau Ome segera mendeklarasikan diri sebagai pasangan bakal calon wali kota dan wakil wali kota Palopo, Sulawesi Selatan, Pilkada 2024.

Hal itu diungkap Ketua Pejuang Trisal Tahir, Mustahir Sidu, yang mengatakan jagoannya akan deklarasi sebelum KPU membuka pendaftaran kontestan Pilkada 2024.

Pemprov Sulsel

“Insya Allah ini sementara kita susun jadwalnya (deklarasi). Yang jelasnya kita deklarasi sebelum pendaftaran di KPU,” kata Mustahir Sidu kepada kabarmakassar.com di Makassar, Sabtu (3/8).

Trisal Tahir siap deklarasi tidak lama setelah mengumumkan Ome sebagai pendampingnya maju Pilkada 2024. Ome merupakan mantan wakil wali kota Palopo periode 2013-2018.

Diketahui, Trisal sendiri dikenal sebagai pengusaha sektor maritim. Pria 46 tahun tersebut juga sudah memegang KTA Gerindra sejak 5 tahun terakhir. Ditanya soal partai pengusung Trisal-Ome, Tato sapaan Mustahir Sidu, mengungkapkan bahwa duet ini sudah mengamankan dua partai dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) yakni Partai Demokrat dan Gerindra.

Dimana Trisal menerima langsung surat dukungan atau dokumen B1-KWK dari Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY di Jakarta pada 27 Juli 2024.

“Untuk sementara 2 partai yang sudah pasti. Yah, ada dua lagi yang posisinya sudah 80 persen mendekati pasti. Jadi kemungkinan 4 partai, kita tunggu saja,” jelas Tato.

Adapun syarat maju Pilkada Palopo minimal didukung 5 kursi partai di DPRD setempat. Demokrat punya 3 kursi dan Gerindra 3 kursi di DPRD Palopo hasil Pemilu 2024.

Sementara itu, bakal calon wakil wali Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Irwan Hamid masih menunggu perkembangan dinamika politik jelang pendaftaran KPU pada kontestasi Pilwali Palopo 2024 yang dihelat 27 Nopember mendatang.

Dimana jagoan Partai Kebangkitan Bangsa atau PKB itu mengaku terus menjalin komunikasi lintas parpol termasuk sejumlah kandidat calon wali kota untuk maju bersama pada Pilkada Serentak 2024.

Irwan Hamid yang merupakan anggota DPRD Sulawesi Selatan dua periode itu menuturkan bahwa pihaknya sejauh ini belum menerima pinangan dari para figur 01 Pilkada Palopo 2024.

Hal itu karena sejumlah kandidat wali kota masih menunggu hasil survei. Dimana survei merupakan salah satu indikator atau penilaian dalam menentukan siapa yang akan menjadi pasangan bakal calon kepala daerah maupun pendampingnya.

“Tentu kami apresiasi, karena calon wali kota ini menentukan pasangan tidak main tunjuk, tetap mengacu survei dan melihat potensi,”ucap Irwan Hamid saat ditemui di gedung DPRD Sulsel, Makassar, Kamis (15/7) lalu.

Meski demikian, Koordinator Badan Anggaran DPRD Sulsel ini tetap menjalin komunikasi dengan bacalon wali kota Palopo yang belum memiliki pendamping.

Termasuk menjajaki kemungkinan berdampingan kembali dengan Ketua DPD II Partai Golkar Palopo Rahmat Masri Bandaso dan dua figur pendatang baru yaitu Putri Dakka serta Trisal Tahir.

“Sudah terbangun komunikasi dengan semua, persoalan nanti hasil surveinya bagus dan arahnya ke saya, yah saya siap,” kata Irwan Hamid.

Ditanya soal partai, Irwan Hamid menyebut sudah didukung PKB meski tak punya kursi di DPRD Palopo pada Pemilu 2024. Tapi Irwan menganggap dukungan tersebut merupakan modal positif.

“PKB sudah mendukung, bukan pengusung karena tidak punya kursi di Palopo. Tapi kita yakin dukungan ini positif,” tandas Irwan Hamid.

Selain Irwan Hamid, diketahui beberapa figur yang akan maju sebagai calon wakil wali kota Palopo 2024. Mereka adalah Haidir Basir hingga mantan Kepala BPKAD Palopo, Hamzah Jalante.

Sementara itu, ķandidat lainnya yakni Putri Dakka mengklaim mendapatkan surat tugas dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Amanat Nasional (PAN) sebagai bakal calon wali kota Palopo 2024. Dimana rekomendasi itu diserahkan oleh Ketua DPP PAN Pangeran Khairul Saleh, pekan lalu.

Dengan demikian, pengusaha asal Kota Palopo itu telah menggenapkan dukungan partai untuk maju di pilkada Palopo. Selaib itu, Putri juga telah menerima surat tugas dari PDI Perjuangan. Koalisi kedua partai ini mengunci lima kursi di DPRD Palopo. Sudah memenuhi syarat untuk mengusung pasangan kepala daerah Palopo.

Pengurus Dewan Pimpinan Cabang PAN Palopo, Ahyar Amir, mengaku siapapun yang diusung oleh partainya, seluruh pengurus, simpatisan dan pendukung partai berlambang matahari terbit itu akan all out di pilkada.

“Siapapun yang diusung PAN kami tertib dan all out mendukung. Yang pasti bahwa kami ingin menjadi pemenang di Pilkada Palopo,”ujar Ahyar Amir, Sabtu (6/7).

Selain Putri Dakka, PAN juga memberikan surat rekomendasi ke Farid Kasim Judas (FKJ). Surat rekomendasi diberikan oleh Ketua DPW PAN, Ashabul Kahfi beberapa waktu lalu.

PDAM Makassar