kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Songkolo Makanan Khas Makassar, Cocok Disantap Tengah Malam

banner 468x60

KabarMakassar.com — Bagi anda yang berkunjung ke Kota Makassar tuk sekadar jalan-jalan atau sedang mengikuti kegiatan kantor. Sayang, jika pulang ke kampung halaman tanpa mencicipi kuliner tengah malam khas Makassar yang satu ini yakni Songkolo.

Songkolo, merupakan penganan dari ketan hitam maupun putih, yang di masak seperti memasak nasi. Orang bugis biasa menyebutnya Sokko. Menu khas orang Makassar yang cocok di makan dengan apa saja, ikan kering, telur asin maupun kelapa sangrai.

Pemprov Sulsel

Namun yang umumnya disajikan di warung-warung, Songkolo disajikan dengan serundeng atau kelapa goreng yang sudah diolah dengan bumbu.

Untuk mendapatkannya tidak begitu susah. Pedagang songkolo banyak dijumpai di pinggir jalan dengan porsi dan harga tentunya berbeda-beda tergantung penjualnya. Namun, biasanya dipatok harga Rp5.000 per porsi sudah lengkap dengan lauknya.

Dulunya, songkolo hanya terasa nikmat jika di makan pagi hari untuk sarapan pengganti nasi. Selain harganya murah juga sangat praktis jika dibanding makanan lainnya.

Tetapi, dari tahun ke tahun sudah banyak yang berubah. Rata-rata pedagang menjual songkolo justru menggelar dagangannya di malam hari. Sehingga muncullah istilah songkolo begadang.

Kehadiran songkolo bagadang ini cocok bagi mereka yang lapar di tengah malam dan malas masak. Bukan hanya itu, songkolo begadang juga cukup banyak diincar oleh para pelancong.

Penjual songkolo terkenal dan murah ini, bisa kita jumpai di Antang. Namanya Songkolo Alhamdulillah, selain di Antang penjual songkolo juga bisa ditemukan dibeberapa wilayah di Kota Makassar. (Sasrendra Sastro).

PDAM Makassar