kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Sekprov Sulsel: Peran PKK Bantu Pemerintah Sukseskan Pembangunan

Sekprov Sulsel: Peran PKK Bantu Pemerintah Sukseskan Pembangunan
Sekprov Sulsel, Jufri Rahman di Hotel Myko (Dok: Ist).
banner 468x60

KabarMakassar.com — Sekretaris Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Jufri Rahman memberi apresiasi atas peran PKK yang membantu pemerintah dalam menyukseskan pembangunan.

Mewakili Penjabat (Pj) Gubernur Sulsel, Prof Zudan Arif Fakrulloh, Sekprov Sulsel membuka peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Ke-52 Tahun Tingkat Provinsi Sulsel, yang digelar di Hotel Myko, Makassar, Kamis (24/10).

Pemprov Sulsel

Peringatan HKG PKK ini turut dihadiri Kepala OPD lingkup Pemprov Sulsel, Ketua Dharma Wanita Persatuan Sulsel Melani Simon, Ketua PKK Kabupaten Kota se Sulsel, dan kader PKK se Sulsel yang hadir secara virtual.

Saat membacakan sambutan Pj Gubernur Sulsel, Jufri Rahman menyampaikan, momen ini sangat penting untuk merefleksikan pencapaian serta memperkuat komitmen pemerintah dalam mendukung pemberdayaan keluarga sebagai pondasi utama dalam pembangunan bangsa.

Tema peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK tahun 2024, yaitu ‘Bergerak Bersama PKK, Mewujudkan Keluarga Sejahtera Menuju Indonesia Maju’ sangatlah tepat dan relevan dengan visi ke depan.

“Gerakan PKK merupakan gerakan dalam pembangunan masyarakat yang tumbuh dari, oleh dan untuk masyarakat, menuju terwujudnya keluarga yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa yang maha esa, berakhlak mulia dan berbudi luhur, sehat, sejahtera maju dan mandiri, kesetaraan dan keadilan gender, serta kesadaran hukum dan lingkungan,” ungkapnya.

Jufri Rahman mengungkapkan, Tim Penggerak PKK merupakan mitra kerja pemerintah dan organisasi/lembaga kemasyarakatan lainnya yang berfungsi sebagai fasilitator, perencana, pelaksana, pengendali, dan penggerak pada masing- masing jenjang untuk terlaksananya Program PKK yang tertuang dalam 10 Program Pokok PKK.

Peran penting PKK sebagai mesin penggerak sosial, lanjutnya, sangat membantu pemerintah dalam menyukseskan pembangunan. PKK terus memperkuat perannya sebagai fasilitator, perencana, pelaksana, pengendali, dan penggerak dalam berbagai program yang bersinergi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait salah satu contoh nyata adalah peran PKK dalam masalah stunting, pengentasan kemiskinan, serta menekan inflasi melalui gerakan menanam cabai di pekarangan rumah.

“Saya memberikan apresiasi khusus kepada Tim Penggerak PKK Provinsi Sulawesi Selatan yang telah menginisisasi penetapan ‘Pilot Project di Kabupaten/Kota. Inisiatif ini, yang Digagas oleh Ibu Penjabat Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sulawesi Selatan, adalah langkah inovatif dalam mendorong program-program unggulan di setiap daerah, serta memberikan contoh nyata bagaimana pkk berperan aktif dalam pembangunan daerah yang berkelanjutan,” urainya.

Jufri pun berharap pilot project ini dapat menjadi model keberhasilan yang bisa direplikasi di wilayah Sulsel. Tidak hanya itu, inovasi PKK di bidang ketahanan pangan melalui kebun herbal dan kebun aku hatinya PKK, yang memanfaatkan halaman pekarangan sebagai sumber pangan keluarga, semakin memperkuat kemandirian dan ketahanan pangan di tingkat rumah tangga.

Sementara itu, Penjabat Ketua TP PKK Sulsel, Ninuk Triyanti Zudan, menuturkan, hal ini merupakan bukti nyata bahwa sinergi antara PKK dan pemerintah telah menghasilkan dampak positif yang dirasakan secara langsung oleh masyarakat.

Menurutnya, dukungan dari BUMN dan BUMD serta Stakeholder dalam rangka HKG ke-52 PKK Sulsel sangat penting untuk memperkuat program-program pemberdayaan perempuan dan keluarga dan bersinergi antara pemerintah, masyarakat, dan sektor lainnya dalam mencapai tujuan bersama.

“Di usia PKK yang ke-52 ini, saya berharap PKK semakin memperluas kontribusinya dalam pembangunan daerah. PKK telah dan akan terus menjadi motor penggerak bagi peningkatan kesejahteraan keluarga dan mitra strategis pemerintah dalam mengatasi berbagai tantangan pembangunan, baik di sektor kesehatan, pendidikan, maupun ekonomi,” tuturnya.

Terlaksananya kegiatan ini, ucap Ninuk Zudan, dapat membawa semangat dan energi baru pada setiap langkah seluruh kader PKK untuk bergerak bersama menyukseskan program-program pemerintah. Atas dasar itulah maka tema Hari Kesatuan gerak TKK ke-52 tahun ini adalah bergerak bersama PKK mewujudkan keluarga sejahtera menuju Indonesia maju.

PDAM Makassar