kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

RSUD Sultan Daeng Radja Bangun Ruang Terbuka Hijau, Menuju Konsep Green Hospital

RSUD Sultan Daeng Radja Bangun Ruang Terbuka Hijau, Menuju Konsep Green Hospital
RTH RSUD Sultan Daeng Radja Bulukumba
banner 468x60

KabarMakassar.com — Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) H.A. Sultan Daeng Radja terus berupaya meningkatkan pelayanan dan fasilitasnya demi kenyamanan pasien. Salah satu inovasi terbaru yang dilakukan adalah pembangunan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di sekitar area rumah sakit, sebagai langkah menuju konsep “green hospital” atau rumah sakit ramah lingkungan.

RTH ini terletak di samping masjid rumah sakit, dihiasi oleh rerumputan, tanaman buah, sayuran, serta pepohonan yang telah ditanam. Penghijauan juga diterapkan di sepanjang koridor rumah sakit, dengan pot-pot bunga yang memperindah area di depan setiap ruangan. Suasana rumah sakit kini terlihat lebih asri dan sejuk, memberikan kenyamanan bagi pasien dan pengunjung.

Pemprov Sulsel

Pejabat Fungsional Adminkes Ahli Muda RSUD Sultan Daeng Radja, Ena Surtini, S.Kep, Ns.MM, mengungkapkan bahwa program penghijauan ini merupakan bagian dari rencana menuju rumah sakit hijau.

“Tujuan utama kami adalah menetralisir udara dari karbondioksida menjadi oksigen, serta menciptakan rumah sakit yang ramah lingkungan dan nyaman untuk dipandang,” jelasnya, Rabu (25/9).

Ena menambahkan, program penghijauan ini telah berjalan selama kurang lebih satu tahun. Selain penghijauan, RSUD juga menerapkan program pengomposan.

Hasil kompos yang diproduksi digunakan sebagai pupuk untuk tanaman hias di area rumah sakit. Program ini dijalankan bersama kepala dan staf pelaksana dari Bagian Umum.

“Kami terinspirasi dari Gerakan Tanam Lombok yang disosialisasikan oleh Ibu Andi Herfidha, istri Bupati Bulukumba. Kami mulai memanfaatkan lahan kosong di sekitar rumah sakit dan mencari bibit dari dinas pertanian, sebagian juga kami beli langsung,” ujarnya.

Kini, beberapa hasil dari kebun rumah sakit seperti cabai dan sayuran telah bisa dinikmati, tidak hanya oleh para petugas, tetapi juga oleh keluarga pasien.

“Ini adalah wujud kebersamaan dan kepedulian kami terhadap lingkungan dan kesehatan,” tambahnya.

Selain penghijauan, RSUD H.A. Sultan Daeng Radja juga terus meningkatkan kualitas pelayanan dan fasilitas rumah sakit. Salah satu fasilitas menarik yang kini tersedia adalah taman bermain untuk anak-anak, yang diharapkan dapat memberikan kenyamanan lebih bagi pasien anak-anak dan keluarganya selama menjalani perawatan di rumah sakit.

Dengan berbagai inovasi ini, RSUD H.A. Sultan Daeng Radja tidak hanya berfokus pada pelayanan medis, tetapi juga menciptakan lingkungan yang sehat dan nyaman bagi seluruh pihak yang berada di rumah sakit.

PDAM Makassar