kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Prodi Agribisnis Unibos Gelar Field Trip ke Pabrik Gula di Bone

Prodi Agribisnis Unibos Gelar Field Trip ke Pabrik Gula di Bone
Program Studi (Prodi) Agribisnis Fakultas Pertanian (FP) Universitas Bosowa (Unibos) menyelenggarakan Field Trip terpadu ke Bone (Dok : ist).
banner 468x60

KabarMakassar.com — Memasuki penghujung semester genap tahun ajaran 2023/2024, Program Studi (Prodi) Agribisnis Fakultas Pertanian (FP) Universitas Bosowa (Unibos) menyelenggarakan Field Trip terpadu ke Bone yang diikuti oleh mahasiswa dari seluruh angkatan pada Jumat (05/07).

Kegiatan ini difokuskan pada kunjungan ke pabrik gula yang terletak di Kabupaten Bone dan dibimbing oleh dosen-dosen serta Ketua Program Studi (KPS) Agribisnis Unibos.

Pemprov Sulsel

Ketua Program Studi (KPS) Agribisnis Unibos, Dr. Ir. Faidah Azuz, dalam wawancara menyampaikan pentingnya pelaksanaan field trip ini bagi mahasiswa serta tujuan yang ingin dicapai.

“Mahasiswa agribisnis harus ada praktek lapang, yang artinya mereka harus belajar dengan kenyataan, belajar dengan melihat langsung apa yang berada di kebun dari petani dan orang-orang yang berkompeten,” ujarnya.

Faidah Azuz menjelaskan bahwa kegiatan ini memberikan mahasiswa banyak pengalaman yang mungkin belum pernah mereka rasakan sebelumnya.

“Di kelas, kita hanya mempelajari bagaimana itu pabrik gula, dan mahasiswa tidak pernah sebelumnya melihat secara langsung bagaimana proses pembuatan produk itu mulai dari hasil pertanian di kebun sampai bisa jadi gula yang dipasarkan ke masyarakat,” jelasnya.

Ia juga menyebutkan harapannya agar mahasiswa dapat sejenak terlepas dari dunia maya dan berinteraksi serta melihat secara langsung hal-hal di balik teori yang telah dipelajari selama ini.

“Sekarang, mahasiswa interaksinya tidak terlepas dari dunia maya, dari gadget yang mereka miliki. Kami berharap melalui field trip ini, mahasiswa bisa sejenak terlepas dari itu dan melihat secara langsung hal-hal yang ada di alam, termasuk kunjungan kami kemarin melihat kerbau yang bernilai ratusan juta,” tuturnya.

Field trip ini tidak hanya memberikan wawasan praktis tentang proses pengolahan produk pertanian tetapi juga mendorong mahasiswa untuk lebih aktif dan terlibat dalam dunia nyata, sesuai dengan harapan dosen-dosen yang mendampingi.

PDAM Makassar