kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Pjs Wali Kota Makassar Soroti Kebersihan Kota dan Netralitas ASN Jelang Pilkada

Pemkot Makassar Akan Pantau Distribusi Gas LPG Untuk Atasi Kelangkaan
Pjs Wali Kota Makassar, Andi Arwin Azis, saat memimpin apel pagi di halaman Balai Kota (Dok : Ist).
banner 468x60

KabarMakassar.com — Penjabat sementara (Pjs) Wali Kota Makassar, Andi Arwin Azis, memimpin apel pagi di halaman Balai Kota pada Senin (14/10), hari ini tepat 18 hari dirinya menjabat pasca Wali Kota Definitif Danny Pomanto cuti. Ia pun menekankan 3 arahan penting untuk seluruh aparatur di lingkungan Pemerintah Kota Makassar.

Andi Arwin menyoroti sejumlah agenda yang memerlukan perhatian lebih dari jajaran pemerintah, termasuk gerakan kebersihan, optimalisasi anggaran, dan netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) menjelang Pilkada.

Pemprov Sulsel

Dalam kesempatan tersebut, Andi Arwin mengapresiasi dukungan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terhadap program Gerakan Sabtu Bersih yang menunjukkan perkembangan positif.

Namun, dia menekankan bahwa kolaborasi lintas sektoral masih perlu ditingkatkan.

“Saya mengapresiasi kontribusi yang sudah ada, tetapi kita harus terus mengajak lebih banyak masyarakat untuk terlibat, karena saat ini dominasi masih di tangan aparatur pemerintah,” jelasnya.

Andi Arwin menginstruksikan camat, lurah, serta Ketua RT/RW untuk berperan lebih aktif dalam menggerakkan warganya agar turut serta dalam program kebersihan ini.

Dia menambahkan bahwa program tersebut akan diselaraskan dengan upaya meraih penghargaan Adipura, dengan langkah-langkah strategis termasuk bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sulawesi Selatan untuk memberikan bimbingan dan arahan.

Kedua, dalam apel tersebut, Andi Arwin juga menyoroti penurunan daya beli masyarakat meskipun inflasi relatif stabil. Menurutnya, kondisi ini mencerminkan perlunya peningkatan penyerapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk menstimulus perekonomian.

“Intervensi ekonomi dari pemerintah harus lebih kuat agar kebutuhan masyarakat dapat dipenuhi dengan baik,” tambahnya.

Ketiga, Andi Arwin kembali mengingatkan seluruh ASN di lingkungan Pemerintah Kota Makassar untuk menjaga netralitas menjelang Pilkada.

“Saya meminta agar semua ASN menjaga integritas dan tidak terlibat dalam politik praktis, terutama menjelang Pilkada yang akan datang,” ujarnya.

Dia juga menginstruksikan asisten dan staf ahli untuk memastikan koordinasi dengan OPD tetap berjalan sesuai tugas dan fungsinya masing-masing.

Setelah apel pagi selesai, Pjs Wali Kota Makassar melanjutkan diskusi dengan rapat koordinasi di Ruang Sipakatau. Dalam rapat tersebut, dia meminta para asisten dan staf ahli untuk menindaklanjuti agenda yang telah dibahas, dengan memastikan pelaksanaan program berjalan sesuai rencana.

Arahan Andi Arwin dalam apel pagi ini diharapkan mampu mempercepat pencapaian target pemerintah, termasuk kebersihan kota dan peningkatan kualitas pelayanan publik, sekaligus menjaga profesionalitas ASN dalam menjalankan tugasnya di tahun politik.

PDAM Makassar