kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Persiapan Pelantikan DPRD Kota Makassar 2024-2029 Capai 95 Persen

50 Anggota DPRD Kota Makassar Resmi Dilantik, Berikut Daftar Namanya
Ilustrasi gedung DPRD Kota Makassar (Dok: KabarMakassar)
banner 468x60

KabarMakassar.com — Seluruh persiapan pelantikan Dewan Perwakilan Rakyat Daeah (DPRD) terpilih 2024-2029, yang akan digelar pada 9 September mendatang, telah mencapai 95 persen.

Hal ini diungkapkan oleh Sekretaris DPRD Makassar, M. Dahyal, yang menjelaskan bahwa hampir semua keperluan, termasuk pakaian dan pin emas untuk para anggota DPRD yang akan dilantik, sudah dipersiapkan.

Pemprov Sulsel

“Sudah banyak dilakukan, sekitar 95 persen, pakaian itukan semua sudah, sudah hampir semua sudah sampai ke dia (Dewan) bersama nanti kita sudah persiapkan,” kata Sekretaris DPRD Makassar, M Dahyal kepada wartawan, Selasa (03/09).

Dalam persiapan yang dimaksud, Dahyal menjelaskan bahwa pihaknya telah menyiapkan pin emas dan jas yang akan di pakai 50 dewan saat dilantik. Selain itu, akan digelar gladi yang melibatkan semua pihak yang termasuk dalam pelantikan tersebut.

“Untuk semua persiapan, Minggu depan kita akan gladi lagi satu kali melibatkan semua teman-teman yang lain, Minggu depannya baru kita libatkan yang mau dilantik,” ujarnya.

Dahyal merincikan bahwa, pada tanggal 5 September, akan dilaksanakan gladi kotor dan dzikir bersama di ruang paripurna, dengan mengundang anak-anak Tahfidz. Kemudian di tanggal 7 akan dilaksanakan gladi bersih dengan melibatkan semua pihak termasuk Damkarmat,BPBD, Dinas Kesehatan, dan Dishub kota Makassar.

“Dzikir itu kita undang anak-anak Tahfiz, tidak melibatkan anggota dewan, karena kita mau tanggal 8 itu sudah harus steril, jadi lokasi sudah steril termasuk lantai 1, lantai 2, lantai 3 terutama, tidak boleh ada orang yang masuk disini, dibersihkan kemudian dikunci, diserahkan ke pengamanan jadi besok pagi itu urusan panitia,” jelasnya.

Dahyal menuturkan bahwa pihaknya juga telah menyediakan lima titik lokasi parkir, diantaranya parkiran khusus tamu VIP seperti Walikota, anggota DPRD, dan instansi vertikal lainnya, di pelataran kantor DPRD Kota Makassar.

Selain itu, lahan parkir di KFC sebanyak 50 spece juga akan menjadi titik parkiran tambahan, untuk para anggota dewan terpilih. Kemudian lahan parkir milik informa disiapkan sebanyak 70 slot untuk SKPD dan Instansi terkait. Sementara untuk lahan parkir BKSDM masih sementara dilakukan komunikasi untuk kesiapan lokasi parkir.

“Kami sudah minta KFC untuk berikan 50 spece untuk mobil di situ untuk parkiran, itu nanti kita siapkan untuk semua anggota DPRD yang akan dilantik di sebelah,” ujar Dahyal.

Dahyal menyebut, untuk mengantisipasi kenaikan jumlah pengunjung, pihaknya telah menambah titik parkir di kantor BPK Kota Makassar. Namun, pihaknya belum menerima surat balasan dari BPK untuk kesiapan lahan parkirnya.

“Sudah, sudah kami surat tinggal BPK yang saya liat belum ada jawabnya. Kurang lebih 30 slot, BPK itu belum ada surat yang masuk,” tuturnya.

Sebelumnya diberitakan, Dinas perhubungan (Dishub) Kota Makassar akan kerahkan 100 personil pada pelantikan dan pengucapan sumpah anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Makassar Periode 2024-2029.

Kabag Humas Protokol DPRD Kota Makassar, Syahril mengatakan personil dari Dishub nantinya akan melakukan pengaturan untuk menjaga arus lalu lintas pada saat pelantikan dan setelah pelantikan DPRD Kota Makassar.

“Akan menyiapkan personel untuk mengatur rute, di Jalan Andi Pettarani, Hertasning dan rute daerah tempat dalam gedung. Jadi ada titik-titik rawan macet. Sehingga total semua kurang lebih 100 orang yang dia turunkan untuk menjaga arus lalu lintas pada saat pelantikan dan pasca pelantikan,” kata Syahril kepada KabarMakassar.com, Minggu (18/08).

Syahril mengatakan pihaknya telah mengadakan rapat pemantapan terkait persiapan pelantikan ini, termasuk terkait pengamanan dan pengaturan lalu lintas.

“Alhamdulillah kemarin itu rapat pemantapan terkait dengan pelantikan, insya Allah 90% sudah kita lakukan persiapan terkait pelantikan tentu ada peran geladi untuk proses pelaksanaan,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Terminal, Perparkiran, Audit dan Inspeksi Dishub Makassar, Irwan membeberkan bahwa pihaknya telah berkoordinasi bersama Satlantas Polrestabes Makassar terkait rekayasa lalu lintas di hari pelantikan nanti.

“Untuk personil yang akan ditugaskan pada kegiatan tersebut sebanyak 100 personil petugas lapangan,” kata Irwan setelah menghadiri rapat pemantapan persiapan yang di laksanakan di Ruang Badan Anggaran DPRD Kota Makassar.

“Dishub Kota Makassar terkait rekayasa yang telah di buat bersama Satlantas Polrestabes Kota Makassar sudah siap,” tambahnya.

Irwan menyebutkan bahwa jumlah personil tersebut telah dibagi pada titik yang telah ditentukan, yaitu jalur yang menjadi rekayasa lalu lintas dan titik parkir saat pelantikan Anggota DPRD Kota Makassar berlangsung.

“Dimana setiap jalur yang sudah direkayasa akan di tempatkan personil sebanyak 3 orang untuk melancarkan arus lalulintas selain itu juga akan ada personil yang di tempatkan pada titik-titik parkir,” tandasnya.

PDAM Makassar