kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Persiapan Pelantikan Anggota DPRD Makassar Capai 95 Persen

DPRD Makassar Umumkan Pembentukan Fraksi Periode 2024-2029
Ilustrasi Kantor DPRD Makassar (Dok: KabarMakassar)
banner 468x60

KabarMakassar.com — Menejelang pelantikan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Makassar terpilih, periode 2024-2029, telah dipersiapkan, bahkan termasuk antisipasi adanya aksi unjuk rasa.

Sekertaris Dewan (Sekwan), Dahyal mengatakan bahwa persiapan pelantikan anggota DPRD terpilih telah selesai hingga 95 persen. Bahkan termasuk pengaman jika terjadi aksi unjuk rasa saat pelantikan di depan kantor DPRD Makassar.

Pemprov Sulsel

“Insyaallah, termasuk antisipasi demo itu yang paling pertama. Silahkan (Demo) artinya kita tidak melarang orang untuk menyampaikan aspirasi tapi pada momentum tertentu kita tidak bisa terima didalam, misalnya kan ada ruang aspirasi,” Kata Dahyal, Minggu (08/09).

Dahyal menuturkan bahwa pengaman pada pelantikan akan lebih diperketat, bahkan dilakukan pemeriksaan pada tamu undangan yang kurang lebih 400 undangan.

“Pengamanan dihari itu, pasti diatas dari sebagai yang biasanya, diperketat pengamanan, bahkan untuk masuk itu harus melalui pintu detektor,” tegasnya.

Dikatakan Dahyal, bahwa pelantikan dewan terpilih yang akan digelar pada Senin (09/09), semua kegiatan kantor diliburkan termasuk para pegawai, untuk membuat pelantikan lebih steril.

“Pelantikan insyaallah jam 10 mulai, tapi kita diundangan mulai jam 9, satu lagi catatan bahwa dihari itu, kegiatan kantor diliburkan pengawai yang tidak bertugas dilarang memasuki kawasan Kantor, khusus sekretariat DPRD,” ujarnya.

“Kenapa, karena kita meminimalisir orang yang berkeliaran didalam yang tidak memiliki ID Card, jadi kita perintahkan untuk tidak masuk kantor,” lanjut Dahyal.

Tak hanya itu, kata Dahyal dalam persiapan pelantikan pihaknya melakukan antisipasi pemadaman listrik. Oleh karenanya, ia telah menyediakan genset sebagai cadangan dan meminta bantua pada pihak PLN.

“Tapi kita sudah antisipasi dengan genset dan bantuan PLN untuk stand by, sebenarnya itu tidak cuma kalau tiba-tiba matikan itu tidak enak,” ungkapnya.

Sebelumnya diberitakan, Dinas perhubungan (Dishub) Kota Makassar akan kerahkan 100 personil pada pelantikan dan pengucapan sumpah anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Makassar Periode 2024-2029.

Kabag Humas Protokol DPRD Kota Makassar, Syahril mengatakan personil dari Dishub nantinya akan melakukan pengaturan untuk menjaga arus lalu lintas pada saat pelantikan dan setelah pelantikan DPRD Kota Makassar.

“Akan menyiapkan personel untuk mengatur rute, di Jalan Andi Pettarani, Hertasning dan rute daerah tempat dalam gedung. Jadi ada titik-titik rawan macet. Sehingga total semua kurang lebih 100 orang yang dia turunkan untuk menjaga arus lalu lintas pada saat pelantikan dan pasca pelantikan,” kata Syahril kepada KabarMakassar.com, Minggu (18/08).

Syahril mengatakan pihaknya telah mengadakan rapat pemantapan terkait persiapan pelantikan ini, termasuk terkait pengamanan dan pengaturan lalu lintas.

“Alhamdulillah kemarin itu rapat pemantapan terkait dengan pelantikan, insya Allah 90% sudah kita lakukan persiapan terkait pelantikan tentu ada peran geladi untuk proses pelaksanaan,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Terminal, Perparkiran, Audit dan Inspeksi Dishub Makassar, Irwan membeberkan bahwa pihaknya telah berkoordinasi bersama Satlantas Polrestabes Makassar terkait rekayasa lalu lintas di hari pelantikan nanti.

“Untuk personil yang akan ditugaskan pada kegiatan tersebut sebanyak 100 personil petugas lapangan,” kata Irwan setelah menghadiri rapat pemantapan persiapan yang di laksanakan di Ruang Badan Anggaran DPRD Kota Makassar.

“Dishub Kota Makassar terkait rekayasa yang telah di buat bersama Satlantas Polrestabes Kota Makassar sudah siap,” tambahnya.

Irwan menyebutkan bahwa jumlah personil tersebut telah dibagi pada titik yang telah ditentukan, yaitu jalur yang menjadi rekayasa lalu lintas dan titik parkir saat pelantikan Anggota DPRD Kota Makassar berlangsung.

“dimana setiap jalur yang sudah direkayasa akan di tempatkan personil sebanyak 3 orang untuk melancarkan arus lalulintas selain itu juga akan ada personil yang di tempatkan pada titik-titik parkir” tandasnya.

PDAM Makassar