kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Museum Keliling Kepresidenan Hadir di Makassar, Pamerkan Memorial Soekarno Hingga JK

Museum Keliling Kepresidenan Hadir di Makassar, Pamerkan Memorial Soekarno Hingga JK
Pembukaan museum keliling kepresidenan (Dok Andini KabarMakassar).
banner 468x60

KabarMakassar.com — Museum Keliling Koleksi Kepresidenan RI menggelar tur di Makassar yang dipilih sebagai kota pertama di Indonesia Timur. Kegiatan ini bakal berlangsung di Benteng Rotterdam dari 18 hingga 31 Oktober 2024.

Program Museum Keliling Koleksi Kepresidenan ini diinisiasi oleh Museum Kepresidenan RI Balai Kirti, unit kerja dari Museum dan Cagar Budaya, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Pemprov Sulsel

Lembaga yang dipercayakan untuk menyimpan koleksi memorabilia tentang sejarah dan kemasyhuran Presiden Republik Indonesia.

Program Museum Keliling yang berlangsung untuk ketiga kalinya ini adalah perwujudan misi Museum dan Cagar Budaya yaitu “Mengedepankan transformasi pengembangan wawasan melalui praktek edukasi inovatif dan pengembangan komunitas.”

Pada Museum Keliling Koleksi Kepresidenan 2024 ini, tema yang diusung adalah “Pakkamase.” Istilah yang diambil dari Bahasa Bugis dan memiliki arti cinta, welas asih, juga kasih sayang.

Pemilihan istilah ini berkelindan dengan identitas Presiden RI ketiga, B.J. Habibie dan juga Wakil Presiden RI keenam, Jusuf Kalla yang secara khusus direspon dalam satu ruang kolaborasi dengan generasi muda Makassar untuk mengkurasi sosoknya.

Pilihan tema tersebut sekaligus jadi petunjuk soal koleksi yang bakal ditampilkan dalam pameran dengan empat babak yang mengurai sisi “Pakkamase” dari tiap Presiden yakni pada Ibunda dan orang terdekat, pada keluarga, untuk Rakyat Indonesia dan dalam Gaya serta. Memorabilia.

Pameran dalam museum keliling ini mengungkap persona paling personal dari tiap Presiden kepada siapapun dengan menjelaskan bahwa terlepas dari posisinya sebagai pemimpin bangsa, Presiden tetaplah manusia yang punya sisi sentimentil dan humanis.

Penanggung Jawab Unit Museum Kepresidenan RI Balai Kirti, Linda Siagian mengungkapkan bahwa koleksi dari Unit Museum Kepresidenan RI Balai Kirti tentang sejarah tokoh bangsa khususnya para pemimpin Indonesia dapat sampai ke berbagai penjuru indonesia, entah melalui informasi di media sosial, maupun program museum keliling seperti ini yang membawa langsung koleksi ke berbagai daerah di Indonesia.

“Kami tentunya berharap kegiatan ini akan terus berjalan sehingga kami dapat membawa koleksi museum ke berbagai kota dan ruang publik yang dapat dinikmati oleh semua,” ungkapnya dalam konferensi pers yang berlangsung di Benteng Rotterdam Makassar, Jumat (18/10).

Berbagai kegiatan seni dan budaya juga akan hadir dalam Panggung Senja dan Panggung Malam, menampilkan seni tradisional dan modern dari komunitas lokal, hingga penayangan film inspirasi tokoh bangsa.

Dengan konsep yang inovatif dan inklusif, Museum Keliling Koleksi Kepresidenan Pakkamase ini diharapkan dapat mendekatkan museum kepada masyarakat luas, khususnya di wilayah Indonesia

Selain pameran koleksi yang terbuka untuk publik, museum ini juga menghadirkan sederet program menarik sebagai rangkaian mulai dari Taman Terbuka yang menyuguhkan tiga aktivitas, Ruang Bersama Lintas Generasi dengan kegiatan spesial berupa Demo Masak di Dapur Presiden yang difasilitasi Artani, Toko Buku Dialektika, dan Detakata serta juga ada Temu Komunitas yang dipandu oleh Antropos.

Program lain yang tak kalah menarik adalah Wicara Publik. Kegiatan ini akan digelar dua kali selama masa helatan. Dengan tema ‘Presiden dari Ruang Keluarga’ yang menghadirkan anak kandung Presiden RI pertama Guruh Soekarnoputra.

Tema lain yang bertajuk ‘Presiden Sebagai Kata Kerja’ akan menghadirkan para cendekia seperti Andi Makmur Makka, Muh. Ibrahim, dan Nurhady Sirimorok yang semuanya berasal dari tanah kelahiran Presiden RI Ketiga Baharuddin Jusuf Habibie.

PDAM Makassar