kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Menelisik Manfaat Ubi Jalar Bagi Tubuh

banner 468x60

KabarMakassar.com — Ubi jalar atau biasa disebut ubi rambat, ubi manis, ubi jawa, ubi jenderal, petatas, ketela rambat adalah sejenis tanaman budidaya.

Melansir Wikipedia, ubi jalar atau “sweet potato” diduga berasal dari Benua Amerika. Para ahli botani dan pertanian memperkirakan daerah asal tanaman ubi jalar adalah Selandia Baru, Polinesia, dan Amerika bagian tengah. Nikolai Ivanovich Vavilov, seorang ahli botani Soviet, memastikan daerah sentrum primer asal tanaman ubi jalar adalah Amerika Tengah. Ubi jalar mulai menyebar ke seluruh dunia, terutama negara-negara beriklim tropika pada abad ke-16. Orang-orang Spanyol menyebarkan ubi jalar ke kawasan Asia, terutama Filipina, Jepang, dan Indonesia.

Pemprov Sulsel

Tumbuhan bernama latin Ipomoea batatas ini memiliki beragam jenis dan warna. Ada yang berwarna putih, kuning, hingga ungu.

Masyarakat Indonesia acapkali mengola ubi jalar dengan cara direbus, dikukus, dipanggang, atau diolah menjadi kue. 

Selain membuat perut kenyang, ubi jalar juga memiliki banyal manfaat bagi kesehatan. Ubi jalar memiliki kandungan nutrisi yang dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi Anda sehari-hari.

Ubi jalar mengandung banyak nutrisi seperti air, energi, protein, lemak, karbohidrat, serat, kalsium, fosfor, zat besi, natrium, kalium, tembaga, seng, karoten, thiamin (Vitamin B1), riboflavin (Vitamin B2), niasin, dan asam askorbat (Vitamin C). 

Berikut beberapa manfaat ubi jalar bagi kesehatan;

1. Mengendalikan Gula Darah

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ubi jalar dapat mengendalikan kadar gula dan memiliki kadar indeks glikemik yang rendah. Selain itu, ubi jalar juga disebut-sebut dapat menurunkan kadar glukosa darah dan kolesterol jahat (LDL), serta meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin.

2. Menurunkan Berat Badan

Bagi Anda yang sedang melakukan program diet, ubi jalar adalah pilihan yang tepat. Pasalnya dalam 100 gram ubi jalar mengandung 86 kalori. Selain itu, ubi jalar juga bisa sangat mengenyangkan dan membuat perut terisi dalam waktu yang lebih lama.

3. Memperlancar Pencernaan

Antikosidan dan serat tinggi yang terkandung pada ubi jalar membantu sistem pencernaan menjadi lebih sehat dan mencegah terjadinya sembelit.

4. Menyehatkan Mata

Ubi jalar memiliki kandungan vitamin A yang bisa membantu untuk menyehatkan otot mata dan memperbaiki sel mata yang rusak diakibatkan karena terlalu lelah dan terlalu lama digunakan tanpa adanya istirahat.

5. Memperlancar Pencernaan

Antikosidan dan serat tinggi yang terkandung pada ubi jalar membantu sistem pencernaan menjadi lebih sehat dan mencegah terjadinya sembelit.

PDAM Makassar