kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Konflik Sengketa Tanah, Polsek Tommo Lakukan Problem Solving

Konflik Sengketa Tanah, Polsek Tommo Lakukan Problem Solving
Problem Solving Kasus perselisihan keluarga di Tommo(dok:Ist)
banner 468x60

KabarMakassar.com — Polsek Tommo kembali melakukan penyelesaian masalah(problem solving) terhadap warga yang berselisih sudah cukup lama.

Kapolsek Tommo, Iptu Muhtar secara langsung memimpin problem solving tersebut.

Pemprov Sulsel

Konflik ini melibatkan anggota keluarga, termasuk saudara, keponakan, dan paman, yang dipicu oleh sengketa tanah. Akibat perselisihan ini, setiap kali mereka bertemu, saling ganggu, cekcok hingga pertengkaran saling mengancam dengan benda tajam.

Perselisihan tersebut telah berlangsung cukup lama dan menyebabkan ketegangan yang berlarut-larut di antara pihak-pihak yang terlibat.

Dalam berbagai kesempatan, gesekan-gesekan kecil selalu terjadi, bahkan berpotensi mengganggu keamanan dan ketertiban di lingkungan sekitar.

Menanggapi situasi ini, Kapolsek Tommo mengambil langkah inisiatif dengan memfasilitasi mediasi antara para pihak yang berselisih.

Dalam mediasi hari ini minggu (13/10) di Kantor Desa Leling, Kapolsek Tommo bertindak sebagai mediator dihadiri pemerintah Desa, Tokoh Adat dan tokoh masyarakat serta seluruh pihak yang berselisih.

Dengan mendengarkan keluhan dari masing-masing pihak dan memberikan arahan, akhirnya solusi damai tercapai sehingga semua pihak sepakat dan berjanji mengakhiri perselisihan serta saling memaafkan.

Kapolsek Tommo Iptu H. Muhtar mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan sehingga menyelesaikan permasalahan ini secara damai.

“Alhamdulillah, Dengan mediasi ini, mereka dapat mencapai kesepakatan yang adil dan kembali menjaga hubungan kekeluargaan,”katanya.

Perselisihan di antara keluarga ini tidak hanya berdampak pada mereka, tetapi juga dapat mempengaruhi ketertiban masyarakat.

“Tetapi kini sudah selesai dan kembali saling memaafkan serta tidak saling dendam lagi,” ujar Iptu Muhtar.

Pihak kepolisian mengimbau masyarakat untuk selalu menyelesaikan permasalahan dengan cara musyawarah dan menghindari konflik yang dapat merugikan semua pihak.

“Kami (Polisi) akan selalu siap membantu warga dalam menyelesaikan masalah melalui pendekatan humanis dan persuasif,” ungkap Kapolsek Tommo.

PDAM Makassar