kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Kakanwil Kemenkumham Sulsel Hadiri Peringatan Maulid Nabi di Istana Balla Lompoa

Kakanwil Kemenkumham Sulsel Hadiri Peringatan Maulid Nabi di Istana Balla Lompoa
kakanwil Kemenkumham sulsel dan tokoh adat Gowa
banner 468x60

KabarMakassar.com — Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Sulawesi Selatan, Taufiqurrakhman, menghadiri peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 12 Rabiul Awal 1446 H yang diselenggarakan oleh Srikandi Balira Lembaga Adat Kerajaan Gowa, pada Minggu (22/09).

Acara yang berlangsung di Istana Balla Lompoa, Jalan K.H. Wahid Hasyim, Sungguminasa, Kabupaten Gowa ini dikemas dalam suasana adat dan dikenal dengan istilah Maudu’ Adaka Ri Gowa. Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh perwakilan Pemerintah Provinsi Sulsel dan Pemerintah Daerah Kabupaten Gowa.

Pemprov Sulsel

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini merupakan puncak acara Maudu’ Adaka Ri Gowa, yang menjadi salah satu tradisi Kerajaan Gowa untuk memperingati kelahiran Nabi Muhammad dengan penuh penghormatan.

Taufiqurrakhman menyampaikan bahwa kehadirannya pada acara ini merupakan bentuk dukungan terhadap Kerajaan Gowa dalam upaya melestarikan budaya adat.

“Momentum peringatan Maulid Nabi Muhammad yang diadakan oleh Kerajaan Gowa ini mudah-mudahan membawa keberkahan dan menjadi ajang silaturahmi antar masyarakat Kabupaten Gowa dan pemangku adat,” ungkapnya.

Raja Gowa XXXVIII, Andi Kumala Idjo Daeng Sila Karaeng Lembang Parang Batara, dalam sambutannya menjelaskan bahwa peringatan Maulid ini dikemas dengan adat dan budaya sebagai bentuk penghormatan kepada Nabi Muhammad SAW.

“Peringatan ini adalah untuk memuliakan Nabi Muhammad SAW pada hari kelahirannya, sekaligus sebagai momen mengirimkan sholawat. Semoga kita semua bisa meneladani kehidupan Rasulullah, terutama sifat gotong royong dalam keseharian,” jelas Andi Kumala.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Bupati Kabupaten Gowa yang diwakili oleh Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Gowa, serta perwakilan tamu undangan dari berbagai instansi, lembaga, dan organisasi daerah setempat.

PDAM Makassar