kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Jelang Pilkada Serentak, Dukcapil Jeneponto Catat 95 Persen Jumlah Perekaman Wajib KTP

Jelang Pilkada Serentak, Dukcapil Jeneponto Catat Jumlah Pemilih Pemula Capai 95 Persen
Kadis Dukcapil Jeneponto, Mustaufiq (Dok : Ist).
banner 468x60

KabarMakassar.com — Jelang Pilkada Serentak 2024, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Jeneponto, Sulawesi Selatan kian gencar melakukan perekaman e-KTP bagi para pemilih pemula.

Kini, Dinas Dukcapil Jeneponto mencatat sudah melakukan perekaman 284.864 warga wajib KTP Elektronik dari 300.519 atau sudah mencapai 95 persen dari jumlah yang ditargetkan, sehingga tersisa 5 persen lagi akan mencapai 100 persen.

Pemprov Sulsel

“Untuk pemilih pemula sampai saat ini masih tersisa 5.396 pemilih pemula yang belum lakukan perekaman dan yang sudah perekaman bagi pemilih pemula sebesar 8.599 dari total 13.995,” kata Kadis Dukcapil Jeneponto, Mustaufiq saat dikonfirmasi Tim Kabarmakassr.com, Minggu (11/08) malam.

Menurutnya, capaian ini berhasil diperoleh usai pihaknya menyasar para pemilih pemula di setiap Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) yang sudah dipetakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Selatan.

Namun di sisi lain, Kadis Dukcapil juga menyebut belum puas dengan capaian itu. Sebab, Mustaufiq beralasan jika pihaknya masih menemui kendala saat akan melakukan proses perekaman e-KTP di sejumlah sekolah sehingga dinilai belum optimal.

“Tentunya karena proses perekaman di jam kerja dan jam sekolah, jadi kami berharap para Kepala Sekolah dan guru memberi sedikit ruang, karena kami juga sudah berupaya mendatangi sekolah sekolah akan tetapi respon sangat minim, nanti ada kendala lagi di data Dapodik siswa baru ke dinas melaporkan,” tandasnya.

Padahal kata dia, proses perekaman ini sangat penting buat mereka, apalagi menjelang proses penamatan atau memasuki perguruan tinggi.

Disamping itu pula, para siswa dipastikan akan membutuhkan e-KTP saat lowongan kerja telah dibuka.

Meski begitu, Mustaufiq menegaskan akan tetap berupaya keras untuk menuntaskan sisa target tersebut. Olehnya itu, dirinya meminta semua pihak terkait dapat bersinergi agar capaian ini segera terealisasi.

“Sangat siap, apalagi kalau didukung penuh sama pihak sekolah. Kalo semua kalangan terkait bisa bersinergi dan saya rasa tidak mustahil ini bisa mencapai 100 persen sebelum Pilkada berlangsung,” harap pria yang kerap disapa Bang Opick ini.

PDAM Makassar