kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Isrullah Achmad Siap Jadi Pendamping Budiman di Pilkada Lutim

Isrullah Achmad Siap Jadi Pendamping Budiman di Pilkada Lutim
Bakal calon wakil Bupati Kabupaten Luwu Timur (Lutim), Sulsel, Isrullah Achmad (pakaian putih) (Dok : ist).
banner 468x60

KabarMakassar.com — Bakal calon Wakil Bupati Kabupaten Luwu Timur (Lutim), Sulsel, Isrullah Achmad semakin terang-terangan ingin menjadi pendamping Budiman pada Pilkada Lutim 2024. Keinginan Isrullah untuk maju sebagai calon wakil bupati ditunjukkan dengan pendekatan intensifnya kepada PDI Perjuangan (PDIP), partai yang mengusung petahana Budiman.

Isrullah juga telah mengikuti uji kelaikan dan kepatutan yang digelar PDIP Sulsel di Makassar pada Jumat (14/6). Ia mengaku melamar partai banteng moncong putih sebagai calon 02.

Pemprov Sulsel

“Kebetulan kami memang ini mendaftar sebagai calon wakil bupati Luwu Timur. Yang bupatinya pak Budiman adalah ketua DPC PDIP,” ujar Isrullah saat sesi jumpa pers di kantor PDIP Sulsel.

Bakal diusung PDI Perjuangan yang meraih 10 kursi di DPRD Lutim, komisaris perusahaan tambang PT Citra Lampia Mandiri (CLM) itu mengaku siap memenuhi semua aturan partai.

Selain itu, Isrullah juga sudah melobi sejumlah partai politik. Di antaranya adalah Partai Gerindra hingga mengantongi rekomendasi pencalonan dari Partai Hanura.

“Sejauh ini ada Gerindra, kemudian ada Hanura yang juga ada surat tugas, PKS juga. Itu saya kira kita intens konsolidasi,” kata figur asal Wotu tersebut.

Sebagai bakal calon wakil Bupati Lutim, Isrullah mengeklaim dirinya adalah sosok ideal mendampingi Budiman. Jika dipilih Budiman, ia optimis memenangkan Pilkada Lutim.

“Insya Allah bahwa memang kami optimis memenangkan Pilkada Luwu Timur. Bahwa paket Budiman dan Isrullah adalah paket yang ideal di Lutim,” tandas Isrullah. Selain Isrullah, Akbar Andi Leluasa juga ingin melanjutkan pemerintahan bersama Budiman sebagai paket petahana Pilkada Lutim.

Andi Rahim Yakin Diusung Hanura di Pilkada Lutra

Sementara itu, tentangga Lutim yakni di Kabupaten Luwu Utara juga bakal berlangsung pemilihan kepala daerah secara serentak yang dihelat 27 November mendatang.

Dimana salah satu bakal calon Bupati Kabupaten Luwu Utara (Lutra), Andi Abdullah Rahim menjadi kandidat yang mengantongi surat rekomendasi pencalonan dari Partai Hanura untuk maju Pilkada Lutra 2024.

Rekomendasi tersebut diteken langsung oleh Ketua Umum Partai Hanura, Oesman Sapta. Andi Rahim mendapatkan rekomendasi Hanura bukan tanpa sebab. Andi Rahim disebut sebagai figur terkuat untuk memenangkan Pilkada Luwu Utara November nanti.

Pria berlatar pengusaha ini sudah bergerak mensosialisasikan diri sebagai calon bupati sejak dua tahun terakhir. Rekomendasi pencalonan dari Partai Hanura pun menambah rasa optimis Andi Rahim menjahit koalisi partai politik. Jika diusung partai ini, Ia yakin bakal memenangkan pertarungan.

“Bissmillahir rahmanirrahim, saya terima surat rekomendasi dari Partai Hanura. Dengan Hanura, saya yakin kita akan memenangkan Pilkada di Luwu Utara tahun ini,” ucap Andi Rahim pada prosesi penyerahan surat rekomendasi di kantor Hanura Sulsel, Makassar.

Selain Hanura, Andi Rahim juga sedang membangun komunikasi politik pada semua partai yang membuka penjaringan calon Bupati Luwu Utara.

Dua di antaranya adalah Partai Nasdem dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Rekomendasi Partai Hanura di Pilkada Luwu Utara juga diberikan kepada Suaib Mansur. Kedua bakal calon bupati ini wajib mencukupkan koalisi partai sebelum 3 Juli untuk mengunci surat usungan B1-KWK dari Hanura.

Saat dikonfirmasi KabarMakassar.com, Ketua DPD Partai Hanura Sulsel, Amsal Sampetondok. Mereka yang mengantongi surat rekomendasi juga harus sudah punya pasangan atau calon wakil pada awal Juli 2024.

Bagi yang telah memenuhi syarat, Hanura kembali akan melakukan evaluasi untuk menentukan siapa yang layak diusung menjadi calon kepala daerah.

“Kita kan mau panjang, setelah diberikan maka satu besarkan Hanura, kalau perlu kau ketua DPC, bangun kampung mu, memihak sama rakyat,” kata Amsal.

Diketahui, Hanura sendiri punya 2 kursi di DPRD Luwu Utara hasil Pemilu 2024. Untuk maju pilkada di Bumi Lamaranginang, setiap pasangan calon wajib mendapat usungan minimal 7 kursi dari DPRD setempat.

Begitu juga daerah lainnya di Tana Luwu yakni Kota Palopo dan kabupaten Luwu. Daerah berjuluk Bumi Sawerigading itu juga semakin meningkatnya tensi politik menjelang kontestasi Pilkada serentak tersebut.

Jelang pilkada Luwu 2024, Bakal calon Bupati Luwu, satu paslon hampir dipastikan mendaftarkan diri ke KPU setempat.

Arham Basmin Mattayang (ABM) hampir dipastikan berpket dengan Rahmat tokoh asal Walmas jelang kontestasi Pilkada Luwu pada November 2024 mendatang.

”Jadi Insya Allah jika terpiilih kelak tidak ada konflik di tengah jalan. Dengan Pak Rahmat, saya yakin kami berdua akan sering sejalan untuk membangun Kabupaten Luwu ke depan,”ucap ABM kepada Kabarmakassar.com.

Diketahui Rahmat yang akrab disapa Kapten saat ini masih tercatat sebagai anggota DPRD Luwu dari Partai Demokrat. Ia dikenal sebagai tokoh sederhana dan merakyat di daerah Walmas.

Rahmat masih punya hubungan keluarga dekat dengan mantan Wakil Bupati Luwu, Syukur Bijak. Arham mengatakan, untuk membangun Kabupaten Luwu diperlukan pemimpin yang bersinergi.

”Saya dan Pak Rahmat sudah sepakat tak ingin meninggalkan satu sama lainnya jika kami diberikan amanah memimpin Kabupaten Luwu,” kata mantan Ketua KNPI Sulsel ini.

Soal dukungan partai, Ketua Nasdem Luwu itu mengaku hingga saat ini tinggal menunggu rekomendasi. Salah satunya dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang mengontrol satu kursi di DPRD Luwu.

”Koalisi Nasdem-PKS sudah memenuhi syarat untuk mengusung pasangan calon. Saya tidak terlalu pusing dengan urusan partai. Yang pasti kita siap untuk bertarung di pilkada Luwu,” tandasnya.

PDAM Makassar