kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Gerindra Belum Putuskan Ketua Fraksi di DPRD Makassar

Gerindra Belum Putuskan Ketua Fraksi di DPRD Makassar
Ketua DPC Partai Gerindra, Eric Horas (Dok : Ist).
banner 468x60

KabarMakassar.com — Partai Gerindra belum memutuskan siapa yang akan menjadi Ketua Fraksi dan anggota Alat Kelengkapan Dewan (AKD) DPRD Kota Makassar, Sulawesi Selatan, setelah pelantikan yang digelar pada Senin (09/09) lalu.

Ketua DPC Partai Gerindra Makassar, Eric Horas, menyatakan bahwa pihaknya masih menunggu pengesahan tata tertib (tatib) anggota DPRD Makassar periode 2024-2029. Menurutnya, penyusunan komposisi fraksi maupun kelengkapan dewan akan dilakukan setelah tatib disahkan.

Pemprov Sulsel

“Yang paling pertama adalah pansus tatib, karena kami melihat jika ini cepat terbentuk dan cepat disahkan, maka yang jadi fungsi dan tugas teman-teman sudah bisa berjalan dengan maksimal,” ucap Eric Horas kepada awal media di gedung DPRD Makassar, Jumat (13/09).

Eric Horas adalah satu dari 6 politisi partai besutan Prabowo Subianto yang duduk sebagai anggota DPRD Makassar 2024-2029.

Lima orang lainnya adalah A. Pahlevi, Budi Hastuti, Idris, Kasrudi dan Muh. Farid Rayendra. Dengan enam kursi, Gerindra berhak mengisi kursi unsur pimpinan atau wakil ketua DPRD Makassar bersama Partai Golkar dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Eric Horas melanjutkan, komposisi fraksi maupun AKD dari legislator Gerindra Makassar bakal mempertimbangkan aspek kompetensi.

Termasuk pengalaman. Untuk itu, Eric Horas mendorong koleganya sesama anggota DPRD Makassar agar segera merampungkan panitia khusus tatib.

“Tentu itu [komposisi fraksi] akan dibicarakan, tapi kita belum masuk ke situ. Kita musyawarahkan nantilah. Kita percepatan tatib dulu, biasanya itu 3 minggu sudah selesai,” pungkas Eric Horas.

Sementara itu, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) telah menunjuk ketua fraksi masing-masing di DPRD Makassar. PPP memplot Irwan Hasan sebagai ketua fraksi, sementara PKB mempercayakan Andi Makmur Burhanuddin.

Keduanya merupakan pendatang baru di DPRD Makassar. Dimana Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menetapkan Andi Makmur Burhanuddin sebagai ketua fraksi di DPRD Kota Makassar, Sulsel, untuk periode 2024-2029. Dimana Andi Makmur, Senin (9/9) lalu secara resmi dilantik sebagai Anggota DPRD Makassar. Makmur duduk di parlemen mewakili daerah pemilihan atau Dapil Makassar 5 dengan jumlah suara 2.208.

Demikian dikatakan Ketua DPC PKB Makassar Fauzi Andi Wawo kepada awak media. Menurut dia, Andi Makmur diplot sebagai ketua Fraksi PKB DPRD Makassar berdasarkan keputusan pengurus wilayah.

“untuk pimpinan fraksi itu ditentukan oleh dewan pengurus wilayah. Wilayah menentukan siapa-siapa yang menjadi ketua fraksi,” ucap Fauzi Andi Wawo, Kamis (12/09).

PDAM Makassar