kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Dorong Pemerintahan Digital, Pemprov Sulsel Minta Kepsek SMA Terbitkan TTE

Dorong Pemerintahan Digital, Pemprov Sulsel Minta Kepsek SMA Terbitkan TTE
Pj Gubernur Sulsel, Prof Zudan Arif Fakrulloh (Dok: Nofi KabarMakassar)
banner 468x60

KabarMakassar.com — Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) melalui Dinas Komunikasi Informasi Statistik Persandian (Diskominfo SP) dan Dinas Pendidikan (Disdik) Sulsel menindaklanjuti arahan Penjabat (Pj) Gubernur Sulsel, Prof Zudan Arif Fakrulloh yang meminta kepada seluruh Kepala Sekolah (Kepsek) SMA Negeri se-Sulsel untuk diterbitkan Tanda Tangan Elektronik (TTE) dalam rangka mendorong pemerintahan yang lebih digital, efektif, dan efisien.

“Dalam waktu dekat ini kami akan melakukan penerbitan TTE kepada para guru, khususnya Kepala Sekolah SMA se-Sulsel. Kami sudah komunikasi dengan Kadis Pendidikan dan oke,” ujar Sekretaris Dinas Kominfo SP Sulsel, Sultan Rakib, pada Kamis (29/08).

Pemprov Sulsel

Sekadar diketahui, di bawah kepemimpinan Pj Gubernur Sulsel, Prof Zudan Arif Fakrulloh sejak awal memimpin Sulsel dengan mendorong penuh sistem pemerintahan berbasis digital dan pengungkitnya, adalah tanda tangan elektronik.

Setelah seluruh pejabat struktural dalam berbagai jenjang eselon, kini adalah pejabat fungsional, termasuk guru dan kepala sekolah.

Sebanyak 518 kepala sekolah akan diterbitkan TTE nya oleh Badan Sertifikasi Elektronik (BSrE) Badan Sandi dan Siber (BSSN) RI dengan verifikator yang dilaksanakan oleh Diskominfo SP Sulsel.

“Besok kami akan melakukan virtual dengan para kepsek untuk urus internal teknisnya. Termasuk memastikan email pemerintah yang digunakan dan lain sebagainya,” ujar Sultan yang juga Plh Kadis Kominfo

Sebelumnya, menurut data kuantitatif, jumlah pengguna Tanda Tangan Elektronik (TTE) Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam lingkup Pemprov Sulsel yang sebelumnya hanya 332 akun user pada 2023, naik drastis menjadi 1.065 user di tahun 2024, tepatnya bulan Juni sampai dengan Agustus 2024.

Itu terjadi, karena sejalan dengan komitmen Penjabat (Pj) Gubernur Sulsel, Prof Zudan Arif Fakrulloh mengakselerasi sistem birokrasi digital. Persuratan rutin, nota dinas, surat tugas dan jenis surat lainnya sudah menggunakan surat elektronik lengkap dengan TTE pejabat yang bersangkutan.

PDAM Makassar