kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Didik Generasi Unggul Hafal Al-Quran dan Hadis, PUTM Gelar Wisuda Tahfidz

Didik Generasi Unggul Hafal Al-Quran dan Hadis, PUTM Gelar Wisuda Tahfidz
Rektor Unismuh Makassar, Prof Ambo Asse pada Wisuda Tahfidz Al-Quran dan Hadis (Dok: Ist)
banner 468x60

KabarMakassar.com — Pendidikan Ulama Tarjih Muhammadiyah (PUTM) Unismuh Makassar menggelar Wisuda Tahfidz Al-Quran dan Hadis bagi para mahasiswa yang telah menyelesaikan hafalan mereka. Acara ini merupakan bagian dari upaya Unismuh dalam mendukung pendidikan tahfidz dan pembinaan ulama, serta bukti komitmen mendidik generasi unggul dalam hafalan Al-Quran dan Hadis.

Wisuda Tahfidz Al-Quran dan Hadis tersebut digelar di Aula Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Unismuh pada Sabtu (03/08).

Pemprov Sulsel

Proses penetapan nama wisudawan
sesuai dengan Surat Keputusan Direktur PUTM tentang penetapan nama-nama mahasiswa yang berhak mengikuti wisuda tahfidz, berikut adalah nama-nama yang lulus seleksi:

1. Ahmad Fauzan – Hafidz 30 Juz (PDM Bulukumba).
2. Fauzan Falir – Hafidz 15 Juz (PDM Bantaeng).
3. Muhammad Ishaqhari – Hafidz 10 Juz (PDM Luwu Utara).
4. Ilham Alghifari – Hafidz 10 Juz (PDM Palopo).
5. Muhammad Fahri Hidayat – Hafidz 10 Juz (PDM Luwu).
6. Muhammad Ali Hafidz – Hafidz 12 Juz (PDM Kota Makassar).

Surat keputusan ini menetapkan bahwa jika kemudian hari terdapat kekeliruan dalam penetapan nama-nama tersebut, maka akan dilakukan perbaikan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Pengkaderan Ulama Tarjih berhomebase di Pesantren Mahasiswa KH Djamaluddin, salah satu program unggulan adalah Program Tahfidz Al-Quran dan para penghafal yang sudah mencapai 30 Juz, 20 Juz, 10 Juz dan 5 Juz ikut diwisuda saat gelaran Pengukuhan Kyai Muda dan Nyai Muda, Sabtu (03/08).

Program tahfidz ini merupakan salah satu program unggulan di Unismuh Makassar, yang terus berkembang setiap tahunnya.

Rektor Unismuh Makassar, Prof Ambo Asse, mengungkapkan rasa bangga dan harapannya agar para wisudawan tahfidz dapat menjadi teladan di masyarakat.

“Semoga para hafidz dan hafidzah ini bisa mengamalkan ilmu yang telah mereka pelajari dan menjadi penerang di tengah masyarakat,” ujarnya.

Pada acara wisuda dan pengukuhan Alumni Pendidikan Ulama Tarjih Muhammadiyah Angkatan 2019 & 2020, para wisudawan juga menunjukkan kemampuan mereka dalam hafalan Al-Quran dan Hadis di hadapan para tamu undangan.

Hadir dalam acara tersebut, Direktur PUTM, Abbas Baco Miro, dan Dekan Fakultas Agama Islam (FAI) Unismuh, Amirah Mawardi. Wisuda Tahfidz Al-Quran dan Hadis ini diharapkan dapat memotivasi lebih banyak mahasiswa untuk mengikuti jejak para wisudawan dalam menghafal dan memahami Al-Quran serta hadis.

PDAM Makassar