kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Chaidir-Suhartina Dipastikan Lawan Kotak Kosong pada Pilkada Maros

Chaidir-Suhartina Dipastikan Lawan Kotak Kosong pada Pilkada Maros
Paslon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Maros, Chaidir-Suhartina (Dok:Ist)
banner 468x60

KabarMakassar.com — Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Maros, Chaidir Syam-Surhatina dipastikan bakal melawan kotak kosong, pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 27 November 2024 mendatang.

Hal tersebut, setelah tidak ada bakal calon yang mendaftar hingga penutupan perpanjangan pendaftaran bakal calon Pilkada Maros oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Maros yanh dibuka sejak 2-4 September, pukul 23.59 WITA.

Pemprov Sulsel

“Kalau untuk pendaftaran yang kita buka kemarin di tanggal 2-4 itu hasilnya nihil. Tidak ada sama sekali yang mendaftar,” kata Ketua KPU Maros, Jumaedi, Kamis (05/09).

Dikatakan Junaedi bahwa, saat pendaftaran sebelumnya pada tanggal 27 hingga 29 Agustus 2024 kemarin, hanya ada satu pasangan yang mendaftar sebagai bakal calon Bulayi dan Wakil Bupati Maros, yakni pasangan perahan Chaidir Syam-Suhartina Bohari periode 2021-2024.

“Maka sesuai dengan regulasi yang kami amanahkan oleh KPU RI dan arahan dari provinsi juga, maka kita melakukan perpanjangan pendaftaran dengan ketentuan bahwa regulasi itu berdasarkan pkpu 10 pasal 135 poin a, b dan KPT 1229 halaman 120 sampai 123. Di situ dijelaskan bahwa salah satu langkah dalam perpanjangan ketika dilakukan calon tunggal,” jelasnya.

Dengan demikian, Junaidi memastikan bahwa pada Pilkada serentak di Kabupaten Maros nantinya, hanya ada satu pasangan calon yang akan bertarunb dengan kotak kosong.

“Kalau untuk peluang kotak kosong mengarah ke sana. Kami dari KPU belum bisa memberikan informasi secara pastinya seperti apa. Karena masih dalam proses verifikasi administrasi. Nanti pada saat penetapan baru kita sampaikan apakah maros ini dalam posisi kotak kosong,” pungkasnya.

Sebagai informasi, pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Chaidir Syam-Suhartina Bohari, diusung oleh 16 partai politik, yakni Golkar, PAN, PDIP, NasDem, Gelora, Hanura, PPP, PKS, Perindo, Gerindra, PBB, PKB, Demokrat, PSI, Partai Buruh, dan PKN.

Melihat jumlah parpol yang mengusung pasangan ini, maka bisa dipastikan dari awal paslon tersebut bakal melawan kotak kosong. Terlebih hingga penutupan pendaftaran di KPU Maros, Kamis (29/8/2024) hingga pukul 23.59 WITA, hanya Chaidir Syam-Suhartina Bohari satu-satunya bakal pasangan calon yang mendaftar.

PDAM Makassar