kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Pj Gubernur Harap Festival Kopi dan Kontes Bonsai Digelar Tiap Tahun di Sulsel

Pj Gubernur Harap Festival Kopi dan Kontes Bonsai Digelar Tiap Tahun di Sulsel
Pj Gubernur Sulsel, Prof Zudan Arif Fakrulloh di Mall Phinisi Point (Dok: Ist)
banner 468x60

KabarMakassar.com — Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Prof Zudan Arif Fakrulloh berharap agar agenda seperti Festival Kopi dan Kontes Bonsai diadakan tiap tahunnya, di setiap rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Sulsel.

Hal itu disampaikan Prof Zudan saat membuka Pameran dan Kontes Bonsai Indonesia serta South Sulawesi Coffee Festival Kiprah Kopi Sulawesi Selatan dari Perkebunan Lokal untuk Pasar Global, yang dilaksanakan di Mall Phinisi Point, Sabtu malam (26/10).

Pemprov Sulsel

“Dan saya juga sudah meminta kepada Kadis TPHBun untuk dianggarkan tahun depan yang lebih besar,” ucap Prof Zudan Arif.

Hal ini tentu merupakan upaya untuk meningkatkan ekonomi kreatif sekaligus mewadahi para penghobi Bonsai dan para penikmat kopi. Dalam Festival Kopi ini akan berkompetisi kurang lebih 75 barista untuk menyajikan kopi-kopi terbaik, dan juga ada 404 tanaman bonsai terbaik Sulsel yang dipamerkan dan dipertandingkan.

Tentu ini merupakan upaya untuk mewadahi kegiatan-kegiatan sosial kemasyarakatan yang sekaligus berdampak ekonomi.

“Nah ini sejak muda dikembangkan dari anak-anak SMA jadi entrepreneur menghijaukan lingkungan (berbonsai), apalagi sekaligus tanam kopi,” kata Prof Zudan.

“Saya juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Dinas TPHBun Pemprov Sulsel serta seluruh anggotanya, komunitas bonsai yang merupakan kerjasama antara PPBI, RUBI, dan Pemprov Sulsel,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Ketua Pusat Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI), Alex R Tangkulung mengatakan bahwa kegiatan positif ini dilandasi oleh kecintaan PPBI Cabang Makassar terhadap alam sekaligus memperkenalkan seni tanaman bonsai kepada masyarakat yang juga merupakan peluang baru bidang usaha kreatif dalam berbudidaya tanaman yang memiliki nilai ekonomi yang tinggi.

“Saya yakin dan percaya dengan semangat dari teman-teman PPBI Cabang Makassar yang didukung oleh Pemprov Sulsel bahwa suatu saat nanti PPBI Cabang Makassar akan menyelenggarakan kegiatan pameran dan kontes yang berskala besar lagi,” ucapnya.

Salah satu peserta kontes Festival Tanaman Bonsai, Fahri mengajak seluruh masyarakat berbonsai. Selain indah, juga nilai ekonomisnya ada.

“Sudah banyak teman-teman dari Pulau Jawa dan Bali itu menggantungkan hidupnya dari bonsai, mulai dari bibit sampai menjadi bonsai, perkakas. Mari warga Sulawesi agar membudidayakan tanaman bonsai,” ajaknya.

Usai membuka kegiatan tersebut, Pj Gubernur Sulsel Prof Zudan didampingi Sekretaris Daerah Provinsi Sulsel Jufri Rahman menyerahkan bantuan benih padi nutrisi untuk mencegah stunting yang diberikan kepada empat kabupaten yakni Kabupaten Gowa, Jeneponto, Enrekang, dan Kabupaten Bulukumba.

PDAM Makassar