kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Jelang Pilkada, Mafindo Edukasi Pemilih Pemula Cegah Hoaks

Jelang Pilkada, Mafindo Edukasi Pemilih Pemula Cegah Hoaks
Sekolah kebangsaan Tular nalar di Mamuju (dok: Aldy)
banner 468x60

KabarMakassar.com — Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) wilayah Sulawesi Barat (Sulbar), kembali menggelar Sekolah Kebangsaan Tular Nalar jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak Tahun 2024.

Kegiatan Mafindo Sulbar kali ini menghadirkan 100 orang dari beberapa perwakilan sekolah tingkat SMA sederajat dan Perguruan tinggi, dengan tujuan mengedukasi peserta yang merupakan pemilih pemula.

Pemprov Sulsel

Pada kegiatan ini, ratusan peserta diedukasi politik dan demokrasi dalam upaya meningkatkan kualitas pelaksanaan Pilkada Serentak 2024. Termasuk mengedukasi para peserta, untuk cara mengenali dan menghindari hoaks yang marak terjadi saat pelaksanaan Pilkada.

“Dimana disini kita ingin melatih pengetahuan tentang literasi digital dan juga kepemiluan terhadap pemilih pemula di Mamuju,”kata Koordinator Wilayah Mafindo Sulbar, Dedi Aswan, Sabtu(26/10).

Tular nalar ini merupakan kegiatan pertama Mafindo Sulbar di kabupaten Mamuju selama berdiri di Sulawesi Barat.

“Tujuannya ini untuk memberikan pengetahuan awal tentang Pilkada kepada generasi muda agar lebih mengenal bagaimana prosesnya dan mengenali hoax, serta dapat mengenali calon kepala daerah yang ingin ia pilih,” ungkapnya.

“Ini upaya memberikan edukasi politik, meningkatkan kualitas Pilkada, supaya pemuda itu mengambil peran dalam Pilkada,” lanjut Dedi.

Berbagai materi untuk pencegahan diperkenalkan dalam Sekolah Kebangsaan Tular nalar. Langkah tersebut dilakukan, agar para pemilih pemula ini bisa mengenali dan mencegah penyebaran hoaks di media sosial.

Sementara itu seorang peserta, Ahmad Fathir mengatakan, sekolah kebangsaan yang digelar Mafindo ini, sangat bermanfaat bagi para peserta dari kalangan pemilih pemula. Utamanya dalam meningkatkan pemahaman tentang Pilkada, demokrasi dan cara mendapatkan informasi akurat.

“Sangat bagus, karena memberikan pengetahuan utamanya kami siswa dan mahasiswa informasi yang sangat bermanfaat. Apalagi di Era digital seperti sekarang,” pungkasnya.

Dengan begitu, Fathir berharap kegiatan Tular nalar yang dilaksanakan Mafindo Sulbar sering dilakukan di Mamuju.

“Hal itu bertujuan untuk memberikan edukasi kepada para pemilih pemula tentang Pilkada dan pencegahan hoaks,”ungkapnya.

Tular Nalar, merupakan program pelatihan literasi digital yang diinisiasi oleh Mafindo dan didukung oleh Google, dengan sebagai mitra pelaksana. Ini muncul sebagai platform online pembelajaran utama yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan masyarakat dalam mengidentifikasi dan menyikapi hoax melalui literasi digital dan pemikiran kritis.

PDAM Makassar