kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Festival Pinisi XIV 2024 Siap Digelar di Bulukumba

Festival Pinisi XIV 2024 Siap Digelar di Bulukumba
Festival Pinisi XIV 2024 (Dok : Ist).
banner 468x60

KabarMakassar.com — Festival Pinisi akan kembali digelar di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, pada 6 hingga 8 September 2024. Festival ini akan berlangsung selama tiga hari di tiga lokasi utama, yaitu Pantai Merpati di Kecamatan Ujungbulu, kawasan adat Ammatoa Kajang, dan area pembuatan kapal Pinisi di Bontobahari.

Festival Pinisi merupakan bagian dari agenda Kharisma Event Nusantara (KEN) 2024 dan akan dimulai pada Jumat (06/09). Acara pembukaan akan dimulai dengan tur booth pada sore hari, memperkenalkan berbagai stan di lokasi acara. Kegiatan dilanjutkan dengan penampilan band lokal hingga pukul 17.00 WITA.

Pemprov Sulsel

Pembukaan resmi Festival Pinisi akan digelar pada pukul 20.00 WITA di Pantai Merpati. Acara ini akan diresmikan dengan seremonial meletakkan miniatur kapal Pinisi ke dalam wadah berisi air, dipimpin oleh Bupati Bulukumba, Andi Muchtar Ali Yusuf. Pembukaan juga akan dimeriahkan oleh penampilan artis dangdut berbakat, Waode Afira, alumni Dangdut Academy Indosiar.

“Pembukaannya pada Jumat malam akan ada hiburan oleh artis dangdut asal Bulukumba, Waode Afira,” ungkap Kabid Humas Kominfo Bulukumba, Andi Ayatullah Ahmad.

Pada Sabtu, 7 September 2024, Festival Pinisi akan berlanjut di kawasan adat Ammatoa Kajang dengan prosesi penerimaan tamu adat pada pukul 08.00 WITA, dilanjutkan dengan ritual Adingingi, yang berarti “mendinginkan dunia/bumi.” Acara ini akan berlangsung hingga selesai di lokasi tersebut.

Pada sore harinya, di kawasan pembuatan kapal Pinisi Tana Beru, Kecamatan Bonto Bahari, akan diadakan prosesi budaya seperti Songkabala ri bantilang, Ammosi, dan Annyorong Lopi. Di hari yang sama, di Pantai Merpati, akan digelar seleksi hingga pengumuman juara duta wisata pada sore hingga malam hari.

Pada hari Minggu, 8 September 2024, rangkaian acara akan diisi dengan lomba mewarnai dan pelayaran kapal Pinisi di sekitar Pantai Merpati pada sore harinya. Penumpang kapal akan mendapatkan presentasi singkat tentang sejarah dan keunikan kapal Pinisi serta menikmati jamuan khas Bulukumba selama perjalanan.

Pada sore harinya, akan diadakan parade budaya oleh masyarakat dengan pakaian hitam khas Kajang, yang akan berjalan santai dari Lapangan Pemuda menuju Pantai Merpati pukul 15.00 WITA.

Puncak acara Festival Pinisi XIV akan berlangsung pada Minggu malam dengan pemutaran video sejarah kapal Pinisi, sambutan dari Bupati Bulukumba, pejabat gubernur, dan perwakilan dari Menteri Pariwisata. Acara akan ditutup dengan pertunjukan fashion show dan penampilan dari artis Ridwan Sau pada pukul 22.40 WITA hingga selesai.

“Mari bersama-sama memeriahkan berbagai rangkaian Festival Pinisi, yang merupakan agenda nasional Kharisma Event Nusantara (KEN) 2024,” ajak Andi Ullah, sapaan akrab Andi Ayatullah Ahmad.

Festival Pinisi XIV diharapkan dapat menjadi ajang untuk melestarikan budaya lokal serta mempromosikan keunikan kapal Pinisi, yang telah diakui sebagai Warisan Budaya Takbenda oleh UNESCO, kepada masyarakat luas.

PDAM Makassar