kabarbursa.com
kabarbursa.com

Makassar Raih Gelar Juara Umum di Harganas ke-31 Sulsel

Makassar Raih Gelar Juara Umum di Harganas ke-31 Sulsel
Wali Kota Makassar, Moh RamdhanPomanto, dalam puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-31 tingkat Provinsi Sulawesi Selatan yang diadakan di Kantor Bupati Maros (Dok : Ist).
banner 468x60

KabarMakassar.com — Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, turut menghadiri puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-31 tingkat Provinsi Sulawesi Selatan yang diadakan di Kantor Bupati Maros pada Senin (02/09).

Acara tersebut dihadiri oleh perwakilan dari 24 kabupaten/kota di Sulsel, serta Deputi Bidang Pengendalian Penduduk BKKBN RI, Bonivasius Prasetya Ichtiarto, dan Kepala BKKBN Sulsel, Shodiqin.

Pemprov Sulsel

Dalam sambutannya, Shodiqin menekankan pentingnya keluarga sebagai unit terkecil dalam masyarakat yang memainkan peran vital dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Ia berharap peringatan Harganas dapat menjadi momen penting untuk memperkuat peran keluarga dalam pembangunan nasional, terutama dalam meningkatkan kualitas hidup menuju “Indonesia Emas 2045.”

Salah satu isu besar yang diangkat adalah stunting, Shodiqin menjelaskan bahwa meskipun prevalensi stunting di Indonesia telah turun sebesar 15,7% dalam satu dekade terakhir, target penurunan hingga 14% pada 2024 masih menjadi tantangan. Untuk itu, diperlukan langkah-langkah strategis yang berfokus pada pengukuran yang tepat dan intervensi menyeluruh di seluruh wilayah Indonesia.

“Usaha ini mencakup peningkatan akses masyarakat terhadap gizi yang baik selama masa pertumbuhan anak serta perbaikan layanan kesehatan bagi ibu dan anak,” ujarnya.

Pada acara yang sama, BKKBN Sulsel menerima sebelas penghargaan dari BKKBN RI, empat di antaranya diraih oleh Kota Makassar. Shodiqin berharap pencapaian ini bisa menjadi motivasi dalam mendukung program Bangga Kencana dan percepatan penurunan stunting di Sulawesi Selatan.

Di sela-sela acara, Danny Pomanto mengunjungi booth Ikatan Penyuluh Keluarga Berencana Indonesia (IPeKB) Sulsel, organisasi profesi yang berfokus pada peningkatan kualitas penyuluhan KB.

Ia mengucapkan selamat atas peringatan Hari Keluarga Nasional ke-31 dan menekankan pentingnya keluarga dalam pembangunan kota. Danny juga menyoroti relevansi program “Jagai Anakta’” yang ia gagas sejak periode pertamanya menjabat sebagai Wali Kota Makassar, yang sejalan dengan tujuan IPeKB.

“Bagi saya, keluarga adalah inti dari sebuah kota. Dan di dalam keluarga, peran ibu dan anak sangatlah krusial. Jika ibu benar-benar mengurus anaknya dengan baik, maka sebuah kota, bahkan provinsi, akan jauh lebih baik,” ujar Danny.

Peringatan Harganas ke-31 di Sulawesi Selatan yang berlangsung dari 1 hingga 2 September 2024 ini diakhiri dengan keberhasilan Kota Makassar meraih gelar juara umum setelah memenangkan delapan dari 18 kategori lomba.

Prestasi tersebut meliputi Juara II Penyuluh PNS, Juara III Rumah Dataku, dan berbagai penghargaan lainnya di kategori-kategori seperti Sekolah Siaga Kependudukan, Lomba Ajang Kreasi Kawula Muda (AKUKAMU), serta peran klinik swasta dalam pelayanan KB.

PDAM Makassar