kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Targetkan APBD Rp2 Triliun, Budiman-Akbar Jadikan Pupuk Gratis Program Prioritas

Targetkan APBD Rp2 Triliun, Budiman-Akbar Jadikan Pupuk Gratis Program Prioritas
Juru bicara pasangan Budiman-Akbar, Ibriansyah Irawan dalam Podcast KabarMakassar yang bertajuk Sulsel Memilih (Dok : KabarMakassar).
banner 468x60

KabarMakassar.com — Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Luwu Timur, Budiman-Mochammad Akbar Andi Leluasa, menargetkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Luwu Timur mencapai Rp2 triliun setelah sebelumnya mencatatkan APBD sebesar Rp1,4 triliun. Salah satu program unggulan yang menjadi prioritas pasangan ini adalah pemberian pupuk gratis.

Juru bicara pasangan Budiman-Akbar, Ibriansyah Irawan, menjelaskan bahwa program pupuk gratis dipilih sebagai prioritas karena mayoritas penduduk Luwu Timur bekerja sebagai petani.

Pemprov Sulsel

Ia menyebutkan, sekitar 80 persen dari penduduk Luwu Timur bermata pencaharian sebagai petani. Dengan memberikan perhatian lebih kepada para petani, diharapkan dapat terjadi peningkatan produktivitas serta kesejahteraan masyarakat.

“Kita masih memilih itu (pupuk gratis) walaupun tren tambang cukup menarik saat ini, tapi di Luwu Timur mayoritas petani. Dalam PDRB Luwu Timur, sektor pertanian di urutan kedua, menjadi satu komoditi yang membutuhkan komitmen yang serius dalam mempersiapkan, termasuk dalam membantu produktifitas petani. Sehingga kita coba mengkaji, kira-kira disektor apa kita bisa memberikan intervensi dalam bentuk kebijakan atau program, sehingga petani sejahtera dan produktif. Makanya kita dorong, dengan penambahan APBD ini saya kira jadi modal,” terang pria kelahiran Wotu tersebut di Podcast KabarMakassar yang bertajuk Sulsel Memilih, Senin (02/09).

Selain program pupuk gratis, pasangan dengan tagline “Lanjutkan Kebaikan” ini juga berkomitmen melanjutkan program-program lain yang dianggap masih relevan dalam menyejahterakan masyarakat Luwu Timur.

Sebagai petahana, Budiman-Akbar mengaku sering menerima kritik. Ryan, sapaan akrab Ibriansyah, menyatakan bahwa pihaknya terbuka terhadap kritik dan selalu menganggapnya sebagai bahan evaluasi.

“Jika kritik, Pak Budiman yang memiliki visi inklusifitas yaitu keterbukaan setiap orang, dia cukup terbuka dalam menerima kritik,” ujar mantan ketua HMI cabang Palopo itu.

Diketahui, Budiman-Akbar telah resmi mendaftarkan diri sebagai pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Luwu Timur pada 28 Agustus kemarin, dirinyapun telah melaksanakan pemeriksaan kesehatan di RS Unhas, Makassar.

Pendaftaran mereka pun mendapat sambutan hangat dari masyarakat yang hadir mengantar pasangan tersebut. Untuk menambah semarak, mereka juga mengadakan Karnaval Kebaikan setelah deklarasi.

“Saat pendaftaran, pasangan Budiman-Akbar mengadakan karnaval kebaikan, ini diambil mengingat pasangan kami merupakan petahana, sehingga ini diambil sari prinsip kalau proses demokrasi ada beberapa nilai yang tidak bisa kami lupa, pertama, kebudyaaan, prinsipnya teentu bicara soal kearifan lokal, dengan model kegiatan yang kita laksanakan kemarin kita rasakan nuansa keberagaman yang diperlihatkan,” tutupnya.

PDAM Makassar