kabarbursa.com
kabarbursa.com

Mahasiswa KKN UINAM Buat Taman Literasi di SDN 73 Soppeng

Mahasiswa KKN UINAM Buat Taman Literasi di SDN 73 Soppeng
(Foto : IST).
banner 468x60

KabarMakassar.com — Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Angkatan 75 Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar (UINAM) menyalurkan kreatifitas mereka dalam mendukung perkembangan belajar siswa dengan membuat taman literasi di Sekolah Dasar 73 Soppeng, Desa Turungan Baji, Kecamatan Sinjai Barat.

Taman literasi ini merupakan salah satu program kerja dari para mahasiswa KKN dan juga program unggalan dari pihak sekolah.

Pemprov Sulsel

Tidak hanya taman literasi, mahasiswa KKN juga memperbaiki tangga literasi yang sebelumnya telah dibuat dan kini telah usang.

Kepala Sekolah SD Negeri 73 Soppeng, Supriadi mengungkap rasa syukur atas kehadiran para mahasiswa KKN dan mengaku sangat terbantu atas program yang telah dijalankan salah satunya teman literasi.

“Saya sangat bersyukur dengan kedatangan adik-adik mahasiswa KKN dari UIN Alauddin Makassar, karena kami sangat terbantu dengan adanya program kami di sekolah yakni pengembangan literasi”, ungkapnya, Selasa (20/08).

Menurutnya, kedatangan dan bantuan kontribusi mahasiswa KKN sangat membantu khususnya dalam peningkatan literasi di sekolah.

“Sekolah ini ada beberapa program yang kami sudah programkan sebelumnya namun belum bisa terealisasi secara maksimal. Namun dengan kedatangan dari mahasiswa ini, Alhamdulillah seperti tangga literasi kemudian literasi yang dibuat di setiap pohon itu sangat membantu peningkatan literasi sekolah kita. Karena di setiap tempat-tempat yang dilalui oleh peserta didik ataupun seluruh warga sekolah itu bisa menjadi salah satu tempat untuk peningkatan literasi”, tambahnya .

Pihaknya berharap agar ada banyak program kegiatan yang bakal dilakukan para mahasiswa KKN dan berkontribusi positif terhadap warga sekitar.

“Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa KKN dari UIN Alauddin Makassar ini bisa dilakukan secara berkelanjutan sangat berkontribusi positif untuk peningkatan literasi khususnya di sekolah kami”, pungkasnya

Salah satu mahasiswa KKN, Nining Andriani mengatakan bahwa taman literasi serta tangga literasi yang dibuat dengan gambar pendukung agar semakin menarik dibaca oleh peserta didik.

“Kami sebagai mahasiswa berharap agar kegiatan yang kami laksanakan bisa bermanfaat bagi adik-adik SDN 73 Soppeng serta dapat meningkatkan minat baca sejak dini”, sebutnya

Selain gambar yang mendukung, KKN UINAM juga memberikan dua bahasa, yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Ini juga sebagai media pembelajaran bagi para siswa.

Dengan adanya kerjasama antara pihak sekolah dengan KKN UINAM 75 diharapkan mampu meningkat dan juga menjadi batu loncatan agar kedepannya lebih peduli literasi sehingga mampu meningkatkan angka literasi Indonesia.

“Semoga dengan adanya kolaborasi ini semakin meningkatkan angka iterasi di Indonesia”, harapnya

PDAM Makassar