kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Belasan Rumah Ludes Terbakar di Makassar

Belasan Rumah Ludes Terbakar di Makassar
Salah satu rumah warga yang terbakar (Dok : Ist)
banner 468x60

KabarMakassar.com — Dinas Pemadam Kebakaran dan penyelamatan (Damkarmat) Makassar kerahkan 20 unit armada untuk padamkan 18 rumah warga yang terdampak kebakaran di 2 Kecamatan, di Kota Makassar.

Lokasi kebakaran pertama di Jalan Regge, Lorong 4, Kelurahan Wala-Walaya, Kecamatan Tallo, sekitar pukul 08.00 Wita. Sementara lokasi kedua di Jalan Abu Bakar Lambogo (Ablam), Kelurahan Bara-Baraya Selatan, Kecamatan Makassar sekitar pukul 11.00 Wita.

Pemprov Sulsel

“Dua laporan kebakaran sejak pagi, yang pertama di Jalan Regge kemudian di Ablam Kelurahan Bara-baraya, Kecamatan Makassar, hari ini dua lokasi kebakaran,” kata Kepala Bidang Operasi Damkar Makassar, Cakrawala saat dikonfirmasi, Senin (19/08).

Dilokasi pertama, kata Cakra sapaan akrabnya satu unit rumah seni permanen hangus terbakar sehingga berimbas pada 3 rumah di sekitarnya. Selain itu, dua lansia yang merupakan pasangan suami istri (pasutri) mengalami luka bakar dan telah dibawah ke Rumah Sakit Ibnu Sina Makassar.

“Dugaan sementara karena sudah lansia jadi terlambat keluar dari rumahnya saat kebakaran,” ujar Cakra.

Selang beberapa waktu, kata Cakra pihak Damkar mendapatkan laporan kebakaran kembali di Jalan Ablam, yang menghanguskan 14 rumah warga, sehingga 20 uni armada diturunkan untuk lakukan pemadaman.

“Setelah kejadian di Jalan regge, berselang hanya 3 jam kemudian kita dapat lagi laporan kebakaran di sini (Ablam), ada sekitar 20 unit armada, data sementara ini ada 14 titik petak rumah yang mengalami kebakaran akibat dampak dari salah satu rumah yang bermula terbakar,” jelasnya.

“Personil dikerahkan kurang lebiih 150an yang dibantu juga oleh masyarakat dalam pemadaman,” lanjutnya.

Selama proses pemadaman, Cakra menerangkan bahwa pihaknya hanya terkendala akses jalan menuju ke lokasi. Melihat dua lokasi kebakaran di dua Kecamatan ini berada di pemukiman yang padat penduduk dan jalan yang sempit.

“Tingkat kesulitan pada saat pemadaman tentu ada, karena akses jalan dan kepadatan warga,” ujarnya.

Meski demikian, Cakra belum bisa memastikan penyebab kebakaran yang mengakibatkan total ada 18 rumah hangus terbakar di dua Kecamatan, di Kota Makassar.

“Di wilayah bara-baraya ini sementara dilakukan pendinginan, penyebabnya belum diketahui,” tuturnya.

Atas kejadian tersebut, Cakra mengimbau masyarakat agar berhati-hati melakukan aktivitas yang memicu terjadinya kebakaran di cuaca ekstrim akhir-akhir ini.

“Kita imbau masyarakat untuk berhati-hati karena cuaca akhir-akhir ini cukup ekstrim, dengan imbau ini masyarakat dapat lebih mencegah aktivitas yang dapat memicu terjadinya kebakaran dan pengguna jalan kita minta perhatian agar memberikan akses jalan pada kondisi emergency, karena tadi ada beberapa titik hambatan, mungkin karena bertepatan jam pulang sekolah, jadi di jalan mongosidi kami dapatkan titik kemacetan,” pungkasnya.

PDAM Makassar