kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Berikut Profil Sekprov Sulsel Jufri Rahman yang Bakal Dilantik Hari Ini

Berikut Profil Sekprov Sulsel Jufri Rahman yang Bakal Dilantik Hari Ini
Jufri Rahman (Dok: Int)
banner 468x60

KabarMakassar.com — Jufri Rahman yang sebelumnya menjabat sebagai Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Otonomi Daerah Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, bakal dilantik menjadi Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) definitif pada Rabu (14/08).

Sebelumnya beredar terkait pengangkatan Jufri Rahman berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 97/TPA Tahun 2024 tentang Pengangkatan Pejabat Pimpinan Tinggi Madya di Lingkungan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan pada Jumat (09/08) malam. Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 97/TPA Tahun 2024 tersebut mulai berlaku pada tanggal ditetapkannya, yaitu di Jakarta pada Selasa (06/08).

Pemprov Sulsel

Jufri Rahman lahir di Bontonompo pada 19 September 1966. Berkarir di Jakarta sebagai Staf Ahli Menpan RB Bidang Pemerintahan dan Otonomi Daerah sejak 2019, ia merupakan orang asli Sulsel.

Ia merupakan Alumni S1 STIA LAN jurusan Ilmu Adminisrasi, Manajemen Pembangunan Perkotaan Dan Daerah, pada masa Gubernur Syahrul Yasin Limpo ia pernah menduduki beberapa jabatan penting termasuk Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Sulawesi Selatan, Penjabat Bupati Sinjai hingga PJ Bupati Tana Toraja.

Pria berusia 58 tahun tersebut juga pernah menjabat Kepala Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Provinsi Sulawesi Selatan, Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Provinsi Sulawesi Selatan serta Kepala Badan Pengembangan Sumber
Daya Manusia Aparatur Provinsi Sulawesi Selatan.

Pada era Gubernur Nurdin Abdullah, dari Kepala Bappeda Sulsel ia malah mendapat kursi sebagai Staf Ahli. Walau menjadi salah satu kandidat kuat Sekprov Sulsel kala itu dengan nilai tertinggi, tapi ia tak terpilih. Prof Nurdin malah memilih Abdul Hayat Gani sebagai Sekprov Sulsel.

Atas seizin Prof Nurdin, Jufri mengikuti seleksi terbuka untuk jabatan Staf Ahli di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dan terpilih.

PDAM Makassar