kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Oknum ASN Dukung Paslon di Pilkada Jeneponto, Pj Bupati Segera Panggil

Oknum ASN Dukung Paslon di Pilkada Jeneponto, Pj Bupati Segera Panggil
Seorang oknum Aparatur Sipil Negeri (ASN) Pemkab Jeneponto, Sulawesi Selatan terekam kamera telah mendukung salah satu Calon Bupati di Pemilihan Kepala Daerah serentak 2024. (Foto/tangkapan layar).
banner 468x60

KabarMakassar.com — Seorang oknum Aparatur Sipil Negeri (ASN) Pemkab Jeneponto, Sulawesi Selatan terekam kamera telah mendukung salah satu Calon Bupati di Pemilihan Kepala Daerah serentak 2024.

Dalam unggahan tersebut, diduga sang oknum ASN bernama Sanggu mengarahkan dukungan politiknya kepada bakal Calon Bupati H. Paris Yasir yang diusung oleh Partai Nasional Demokrat (NasDem).

Pemprov Sulsel

“Kami dari tim pemenangan H Paris, H. Paris Yasir sebagai calon bupati 2024-2029, Kami atas nama dari keluarga Besar Pamuri Kr. Ngundang Kr Bontoramba semua keluarga yang ada di Kabupaten Jeneponto. Kami siap mendukung H. Paris sebagai Bupati 2024,”ucap dalam unggahannya.

“Datangki semua keluargaku di rumah karena kebetulan ada acara di rumah ini, acara Ketua tim di Monro-monro, saya mempertaruhkan jiwa raga kami demi H. Paris, kita menangkan di kelurahan monro-monro, khususnya di kelurahan monro-monro,” tegasnya.

Lebih lanjut, Sanggu berdalih memiliki kekuatan diberbagai lini sehingga peluang H. Paris untuk menang di Pilkada Jeneponto sangat kuat.

“Karena kebetulan saya adalah Ketua Karang Taruna Kelurahan Monro-monro, kedua, saya adalah ketua Amor (Anak Monro-monro) tiga, Ketua Kiwal Monro-monro. Jadi saya siap membantu H Paris memenangkan Pilkada 2024-2029 yang akan datang,” cetusnya

Usai menunjukkan kekuatannya, Sanggu lalu kemudian mengajak warga untuk bersama-sama mendukung H. Paris di Pilkada Jeneponto.

Disisi lain, Sanggu juga memuji Hj. Salma karena dinilai sudah terpilih sebagai Anggota Dewan DPRD Provinsi Sulawesi Selatan.

“Mari kita sama-sama mendukung H Paris dengan karena H. Paris dan Hj. Salma adalah orang baik di Kabupaten Jeneponto. Siapa lagi kalau bukan, siapa lagi kalau bukan sebagai keluarga daeng, kita dukung H. Paris dg Suda sebagai calon bupati Jeneponto dan Ny. Hj. Salma insha Allah menjadi anggota DPRD Sulawesi Selatan kita dukung sama-sama sebagai ibu bupati jeneponto 2024-2029,” tandasnya.

Jadi datangmaki, ini hidangan yang saya siapkan karena Allah, yang ada kita mau makan sudah saya siapkan teman-teman, saya undangki untuk makan bersama. Saya undangki karena Allah, bukan siapa-siapa, tapi saya mau mempersatukan dukungan H. Paris di Kabupaten Jeneponto,” sambungnya.

Diakhir unggahannya, Sanggu juga memberikan applause statemen demi memenangkan Paris Yasir di Pilkada 2024-2029 saat menunjukkan hidangan diatas meja di kediamannya.

“Maju H. Paris, maju jadi baik, Maju paris. Saya dibelakangta karaeng sebagai tim kemenangan di Kabupaten Jeneponto karena saya hampir pensiun, sisa 5 bulan mengabdi kepada negara tapi saya setia kepada H. Paris. Walaupun apapun terjadi saya dukung H. Paris. Insha Allah sebagai calon bupati 2024-2029/dan ibu wakil bupati hj. Salma sebagai ibu calon bupati Jeneponto dan Insha Allah sebagai ibu bupati jeneponto,” tukasnya.

Rekaman Video berdurasi 3 menit 3 detik yang beredar luas hingga diteruskan berkali-kali di group sosial media What’s App itu pun dibanjiri berbagai komentar dari para penghuni group “S∆MBORITT∆”

” Video ini jelas menampar wajah pemkab Jeneponto dan Bawaslu…yang secara langsung menantang aturan netralitas ASN atau benarkah Pemkab Jeneponto dan Bawaslu Jeneponto hanyalah macan ompong???,” tulis Maggalatung.

“Pelan2 bosku nanti di nonjob kan baru nangis jaki🤭,” balas salah satu aktivis, Jatong Jalanrambang.

“Tdk takutji tawa. Karena maumi pensiun sisa 5 bulan tawwa ndik jendral,” balas Zainal Akib kepada Jatong.

” Bukan persoalan sisa jabatannya kakanda tapi ini persoalan pengabdian dalam sumpah jabatan seorang ASN kak🙏🏻,” timpal Jatong.

Menanggapi hal ini, Pj. Bupati Jeneponto, Junaedi Bakri yang dikonfirmasi terpisah belum lama ini mengaku baru mengetahui adanya video tersebut.

“Saya baru juga dapatkan ini video,” tandasnya.

Atas sikap kode etik yang telah menyalahi aturan tersebut, Junaedi Bakri akan segera memanggil sang oknum ASN.

Bahkan, Junaedi Bakri sudah memerintahkan Sekda Jeneponto untuk mengambil langkah langkah selanjutnya sesuai dengan ketentuan.

Rencananya kata dia, pemanggilan itu akan dilakukan secepat mungkin.

“Kami akan bahas dengan tim terkait dan Sesegera mungkin,” jelasnya.

Disamping itu, Junaedi Bakri juga menghimbau ASN di lingkup Pemkab Jeneponto agar tetap menjaga Netralitas ASN di Pilkada serentak 2024.

“Tentu berharap agar ASN menjadi teladan dalam mewujudkan pilkada yg luber jurdil,” pungkasnya.

PDAM Makassar