kabarbursa.com
kabarbursa.com

Meksiko Menang Tipis Atas Jamaika Pada Laga Copa America 2024

Meksiko Menang Tipis Atas Jamaika Pada Laga Copa America 2024
Pemain Meksiko, Gerardo Arteaga (Dok: INT)
banner 468x60

KabarMakassar.com — Pertandingan dengan intensitas yang tinggi tersaji antara Tim Nasional (Timnas) Meksiko melawan Jamaika pada laga pertama Grup B Copa 2024. Pertandingan berlangsung di NRG Stadium, Texas, Amerika Serikat, Minggu (23/06) pagi WITA.

Timnas Meksiko harus susah payah menghadapi Jamaika yang turut memperlihatkan permainan yang tempo tinggi El Tri, julukan dari Meksiko itu berhasil meraih kemenangan berkat gol semata wayang oleh Gerardo Arteaga yang tercipta pada menit ke-69 .

Pemprov Sulsel

Meksiko sejatinya juga hampir mencetak gol cepat pada menit ketiga andai kiper Jamaikan, Jahmali Waite, gagal mengamankan tembakan Luis Chavez.

Jalannya Pertandingan

Di tengah suhu panas Houston, Texas, tim Meksiko dan Jamaika menunjukkan permainan sepak bola yang intens dengan tekanan tinggi dan pertukaran umpan cepat sejak awal babak pertama.

Timnas Meksiko berhasil menemukan ruang untuk masuk ke area lawan, sementara Jamaika mencoba memanfaatkan kecepatan dan kekuatan fisik Michail Antonio.

Kesempatan mencetak gol cukup langka, dengan kedua tim lebih banyak menembak dari luar kotak penalti. Ketika mendekati gawang, Meksiko lebih berbahaya.

Chavez melepaskan tembakan yang diselamatkan Waite pada menit ke-4.  Santi Giménez gagal memanfaatkan peluang sundulan bebas pada menit ke-15. Jamaika merespon dengan sundulan Nicholson dari tendangan bebas yang melebar.

Di sepertiga akhir babak pertama, Meksiko mendapatkan kabar buruk ketika kapten Edson Álvarez meminta untuk diganti karena cedera. Ia terjatuh sambil memegang area hamstring-nya. Ia pun ditarik keluar dan digantikan dengan Luis Romo pada menit ke-30. Ini tentu bisa menjadi kerugian besar bagi tim di sisa turnamen.

Meksiko kemudian meningkatkan pertahanan mereka dan menutup babak pertama dengan beberapa peluang bagus:

Romo melepaskan tembakan dari tepi area yang melebar, dan Montes menyundul bola dari tendangan sudut yang melewati Waite.

Hingga turun minum, Timnas Meksiko dan Jamaika belum mampu memaksimalkan peluang yang ada. Skor sementara pada babak pertama adalah 0-0.

Setelah beristirahat, babak kedua pun dimulai. Timnas Jamaika mulai meningkatkan tempo permainan dan hampir mencetak sejarah, setelah Palmer melepaskan tembakan yang diselamatkan González, Michail Antonio berhasil mencetak gol pada menit ke-50. Namun Video Assistant Referee (VAR) membatalkan gol tersebut karena rupanya lebih dulu offside.

Aksi lawan ini membuat Meksiko kembali mengontrol permainan, memaksa kiper Waite bekerja keras untuk menjaga skor tetap 0-0 pada beberapa tembakan berbahaya dari, pemain andalan klub Wolves, Gimenez dan Chavez.

Gol kemenangan Timnas Meksiko akhirnya tercipta pada menit ke-69. Adapun terciptanya gol itu melalui Romo yang merebut bola di tepi area lawan dan mengoper ke Arteaga yang kemudian melepaskan tembakan keras yang merobek jaring gawang Jamaika.

Setelah itu, Timnas Meksiko mulai mengelola hasil pertandingan dengan baik dan bermain dengan penguasaan boleh lebih dominan melawan Jamaika yang tampil gigih namun kelelahan. Tim Hallgrímsson berjuang hingga akhir dan mencoba menemukan gol penyama kedudukan, namun usaha mereka tidak berhasil.

Hingga peluit panjang ditutup oleh wasit, tidak ada lagi peluang tercipta. Meski hingga akhir babak kedua Meksiko menguasai jalannya pertandingan namun El Tri tetap mendapatkan hasil skor tipis 1-0.

Hasil pertandingan ini membuat Meksiko untuk sementara memuncaki klasemen Grup B dengan mengoleksi tiga poin. Timnas Venezuela juga berhasil menang melawan salah satu tim kuda hitam Copa America 2024, Ekuador dengan skor 2-1. Namun secara head to head, Meksiko berhak menempati posisi pertama lantaran mendapatkan clean sheet.

Pada laga kedua grup B Copa America 2024, Timnas Meksiko akan bepergian ke Inglewood, California, untuk menghadapi Venezuela pada 26 Juni dalam putaran kedua Grup B di Sofi Stadium.

El Tri memiliki poin yang sama, 3 poin, seperti Vinotinto pada akhir hari pertandingan pertama ini. Keduanya berupaya untuk mencari kemenangan demi mendapatkan satu tiket ke babak 16 besar Copa America 2024.

Sementara itu, Timnas Jamaika akan mengunjungi Allegiant Stadium di Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat untuk pertandingan melawan Ekuador pada hari yang sama. Kedua tim akan mencari hasil positif untuk meraih impian lolos ke babak final turnamen negara-negara.

PDAM Makassar