Bidang Pemasaran Toraja Destination Management Organization (DMO). [Foto: Mad]

Makassar– Toraja Destination Management Organization (DMO) didukung oleh Swisscontact WISATA dan bekerja sama dengan Pemerintah Tana Toraja, Toraja Utara, Pemangku Kepentingan dan Pelaku Pariwisata setempat akan mengadakan Toraja Familiarization (FAM) Trip 2017 bagi para operator tur dan media pada 25-29 April 2017.

Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan potensi pariwisata Toraja kepada pasar yang lebih luas lagi baik pada tingkat nasional, maupun internasional. Peserta berasal dari dałam negeri maupun luar negeri, antara lain negara Inggris, Cina dan Singapura termasuk dua saluran televisi nasional.

Berdasarkan laporan analisis exit survey pariwisata Toraja 2014, aksesibilitas dan ketersediaan informasi mengenai transportasi, hotel, pemandu dan objek wisata menjadi hambatan utama selama kunjungan di Toraja bagi para wisatawan.

Hal ini dibenarkan oleh Yohan Tangke Salu dari Komisi Pemasaran Toraja DMO, “FAM trip ini diadakan untuk memberikan gambaran yang utuh mengenai potensi pariwisata Toraja kepada para tur operator dan media. Diharapkan FAM trip ini mampu menjembatani keterbatasan informasi maupun akses yang selama ini ada, sehingga mampu menghadirkan lebih banyak tinjauan positif serta paket tur yang ditawarkan ke Toraja”.

Baca Juga:  Makassar Ungguli 9 Kota Kinerja Terbaik Nasional

Pemerintah Toraja Utara dan Tana Toraja bekerja sama erat dalam pelaksanaan FAM trip ini. Terbukti dari akan diadakannya jamuan makan siang dan makan malam oleh Bupati Toraja Utara dan Bupati Tana Toraja bersama para peserta.

Dukungan serupa juga datang dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sulawesi Selatan, seperti yang disampaikan oleh Yulianus Batara Saleh selaku Kepala Bidang Pemasaran, “Pelaksanaan FAM Trip ini sangat didukung oleh pemerintah provinsi Sulawesi Selatan melalui penyelenggaraan konferensi pers yang bertempat di Aula Dinas pada 21 April 2017 untuk membantu mempromosikan kegiatan FAM Trip ini dengan menghadirkan berbagai media cetak serta TV.”

Baca Juga:  Rentetan Kasus Intimidasi Aparat Pada Pers Indonesia

Berbagai objek wisata andalan akan masuk dalam jadwal kunjungan FAM Trip selama seminggu ini antara lain Tampang Allo, Kambira, Buntu Burake, Kalimbuang Bori’, Palawa’, Sa’dan To Barana, Batutumonga, Sesean Suloara, Ke’te Kesu’, Karassik Hills, Coffee Tour Sulotco, hingga destinasi yang sedang naik daun yaitu Lolai.

Bekerja sama juga dengan ASIȚA, HPI dan PHRI, FAM trip ini diharapkan mampu menunjukkan kesiapan para pemangku kepentingan dan juga pelaku pariwisata lokal dalam menyambut para wisatawan.

Penulis: Mad
Editor: Dim

LEAVE A REPLY