Tentang Kami

www.kabarmakassar.com adalah portal berita online pertama di Sulawesi Selatan yang lahir tanpa dukungan korporasi media group.

Media online KabarMakassar.com  yang disingkat KM diluncurkan pertama kali ke publik pada 17 Ramadhan 1431 H atau tgl 29 Agustus 2009 di Hotel Clarion Makassar.  Usai peluncurannya dua tahun berikutnya KM diresmikan keberadaannya oleh Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo dan Wakil Walikota Makassar, Supomo Guntur pada tanggal  2 Februari 2011.

KM seperti cita-citanya, akan menjadi media milik seluruh masyarakat dan hanya bekerja untuk kepentingan publik. KM hadir sebagai media alternatif, dan pelengkap dari media mainstream, yang ditujukan buat masyarakat kota Makassar, dan Sulawesi Selatan, yang tersebar di dalam negeri dan luar negeri. Bahkan KM memiliki cita-cita barunya yang ditargetkan pada tahun 2025 mendatang KM hadir sebagai ‘Kantor Berita Online Berbasis Lokal’.

KM mengusung tradisi jurnalistik pembeda, yaitu : kritis, berimbang dan independen. Kritis artinya, hadir untuk “mengingatkan” , tapi tetap mengedepankan peliputan yang fair dan cover both sides, serta menjaga kebebasan dan kemerdekaan news room.

Sebagai portal, KM tidak akan mengorbankan keberimbangan demi mengejar aktualitas. Berita yang disampaikan ke publik juga bukan sekedar mengikuti selera pasar, tetapi berdasarkan agenda setting yang dianggap mendorong pencerdasan publik.

Sebagai media independen, seluruh pemilik saham dan para pihak yang memberikan bantuan kepada KM secara tegas dan jelas diberikan garis demarkasi atau pemisah, tidak akan mencampuri dan mengintervensi kebijakan redaksi. Independensi news room diletakkan kemudian dibangun atas prinsip jurnalisme yang hanya mengabdi kepada kepentingan publik sebagaimana diamanatkan UU Pers Nomor 40 Tahun 1999.

Kini Kabarmakassar.com berada dibawah naungan PT Kabar Grup Indonesia  (PT KGI), dimana Kabar Grup Indonesia melebarkan jaringannya di 4 (empat) daerah di Provinsi Sulsel yakni: www.KabarToraja.com.www.KabarSelayar.com.www.KabarLuwu.com.www.KabarParepare.com.

Tidak sampai disitu jaringan KGI terus merambah di sebagian wilayah Indonesia, Kabar Grup Indonesia kini memiliki sindikasi dari Ibukota negara KabarJakarta.com. Selain itu di wilayah Sulawesi bagian Tenggara juga hadir KabarKendari.com, dimana portal ini diluncurkan dan dihadiri langsung oleh CEO Kabar Grup Indonesia, Upi Asmaradhana pada 17 Juli 2016 di Kota Kendari.

Tidak hanya dalam negeri Kabar Grup Indonesia kini mulai merambah di luar negeri, pada 29 Agustus 2016 tepat pada HUT KabarMakassar.com yang ke-7. KabarAustralia.com diluncurkan perdana oleh Konjen Australia di Makassar, Richard Matthews yang juga disaksikan langsung oleh Walikota Makassar, Moh Ramdhan “Danny” Pomanto.

Tidak puas dengan hanya beberapa sindikasi saja, bahkan Kabar Grup Indonesia kini memiliki 16 domain di berbagai daerah 14 di Indonesia dan 2 di luar negeri yang terdiri dari, KabarAmbon.com, KabarBalikpapan.com, KabarDenpasar.com, KabarGorontalo.com, KabarKupang.com, KabarMamuju.com, KabarPalangkaraya.com, KabarPalu.com, KabarMataram.com, KabarPekanbaru.com, KabarPontianak.com, KabarSamarinda.com, KabarSemarang.com, KabarYogyakarta.com, KabarAmerika.com, dan KabarBelanda.com.

Sasaran pembaca KM yang merupakan sindikasi KGI adalah kalangan profesional, eksekutif, didaktis dan kalangan menengah ke atas, yang secara signifikan pengguna internet. Sebagai bacaan profesional yang mencerdaskan dan mendidik kesadaran berdemokrasi yang baik.