kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Rumah Adat Saoraja Salohe Hangus Terbakar, Dipicu Pembakaran Sarang Tawon

banner 468x60

KABARBUGIS.ID – Rumah Adat Saoraja Salohe di Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan hangus terbakar. Insiden ini diduga dipicu dari api pembakaran sarang tawon oleh warga.

Lokasi rumah adat itu berada di Lompong Cobbue, Dusun Kaleleng, Desa Saotengah, Kecamatan Sinjai Tengah, Kabupaten Sinjai. Kebakaran itu terjadi pada Rabu (7/6) sekitar pukul 07.30 Wita

Pemprov Sulsel

"Betul, Rumah Adat Saoraja Salohe Sinjai terbakar," kata Kasi Ops Damkar Sinjai Muhammad Yamin, Rabu (7/6) dikutip Detik Sulsel.

Yamin mengatakan, sumber api berasal dari pembakaran sarang tawon oleh warga yang tidak jauh dari rumah adat. Api dari bekas pembakaran rumah tawon itu diduga terbawa oleh angin dan mengarah ke rumah adat.

"Pembakaran sarang tawon yang tanpa sengaja oleh warga. Dia tidak tahu kalau akan terbang itu apinya yang menyebabkan tiang rumah terbakar dan menjalar keseluruhan bagian rumah," sebutnya.

Yamin menambahkan, Damkar menerima laporan kebakaran pada Pukul 08.45 Wita. Personel Damkar ke lokasi dengan 2 unit armada, dengan 12 orang.

"Jauh lokasi kebakaran dari posko, setengah jam perjalanan. Waktu sampai kita dapat asapnya saja, kita tiba di lokasi pendinginan saja dilakukan," jelasnya.

"Proses pendinginan yang dilakukan selama 1 jam lebih dibantu oleh warga atau pada pukul 10.10 Wita selesai. Untungnya di rumah adat itu tidak ada ji benda pusaka menurut laporan penjaganya," pungkas Yamin.

PDAM Makassar