Sutradara film Parakang, Abdul Razak. [Foto: Wulandari]

Makassar, KabarMakassar.com– Satu lagi film horor lokal Bugis-Makassar yang diangkat ke kancah perfilman Indonesia, dengan menarik berbagai referensi dasar dari kehidupan adat dan budaya nenek moyang masyarakat Sulawesi Selatan.

Melalui Artalenta Media Senima, akhirnya film dengan judul Parakang, Manusia Jadi-jadian sore ini di pertontonkan di beberapa bioskop.

Diperankan oleh Frida Noweldin sebagai Linda yang lahir dari keturunan parakang, selain untuk menghibur, film ini dibuat guna menyampaikan dan memberi gambaran tentang parakang itu sendiri.

Film garapan Sutradara, Abdul Razak menampilkan sosok sosok parakang yang di perankan oleh beberapa kru juga menyajikan unsur-unsur komedi dengan dialek dan gaya bahasa masyarakat Sulsel.

Baca Juga:  Agenda Pemkot Makassar 28 Mei 2017

“Parakang sebenarnya adalah sebuah ilmu kuno yang sudah ada berabad-abad tahun lalu di Sulsel dan itu hanya ada di Sulsel. Sejak kecil memang kita telah diperkenalkan oleh orang tua kita bahwa parakang itu sudah ada sejak dulu,” kata Abdul Razak. Kamis, 18 Mei 2017.

Selain itu, pada film berdurasi 84 menit ini, Razak juga memperkenalkan beberapa media penangkal serangan parakang yang digunakan orang tua dulu.

“Konon dikisahkan Parakang memangsa manusia. Namun, beberapa media penangkal digunakan oleh warga yang percaya akan keberadaan parakang seperti bawang merah, kain tua, garam, daun kelor dan doa,” jelasnya.

Baca Juga:  Catatan Tomi Lebang: Romo Greg

Rencananya, film ini akan dikembangkan pada sesi selanjutnya yang akan kembali ditayangkan pada tahun depan dan Sutradara Razak memprediksi akan lebih memberikan dukungan budaya lokal Sulsel.

Penulis : Wulandari
Editor : Marwah

LEAVE A REPLY