Kapolri Jenderal Tito Karnavian (tengah) saat berada di Makassar Sulawesi Selatan, Rabu, 12 April 2017. [Foto: Baba Duppa]

Makassar– Hari ini, Rabu 12 April 2017, Kepala Polisi Republik Indonesia atau Kapolri, Jenderal Tito Karnavian melakukan kunjungan kerja di Makassar Sulawesi Selatan.

Orang nomor satu di tubuh Polri ini meresmikan Ruang Kendali Darurat atau Command Center di Mapolrestabes Makassar yang terletak di Jalan Ahmad Yani Makassar, Sulawesi Selatan.

Command Center Mapolrestabes Makassar ini mengintegrasikan antara Pemerintah Daerah atau Pemda Makassar, Kepolisian dan sejumlah Instansi yang terkait.

“Hari ini kita melaunching command center yang mengitegrasikan antara pemda, Kepolisian dengan sejumlah instansi yang terkait. Disini ada Panik Button nanti masyarakat bisa mendownload aplikasi, kemudian petugas juga mendownload aplikasi dan ketika membutuhkan bantuan pengamanan petugas bisa datang dan memberi pelayanan bisa. Masyarakat bisa melaporkan kejadian sehari hari real time dan saya harap nanti aparat bisa cepat datang dan memberikan bantuan serta merespon,” Kata Jenderal Tito Karnavian.

Baca Juga:  Serangkaian Kegiatan Disdik Sulsel Jelang Hardiknas 2017

Dengan kehadiran Command Center ini diharapkan nantinya akan meminimalisir hal-hal yang tidak diharapkan khususnya di zona publik di Makassar. Apalagi sudah ada pemasangan CCTV atau kamera pengintai yang dipasang di 300 titik di Kota Makassar.

“Adanya cctv yang sudah terpasang sebanyak 300 titik di kota Makassar dan rencananya akan dikembangkan menjadi 3.000. 300 saja sudah sangat luar biasa saya lihat saya sudah mutar ke seluruh kota besar se Indonesia dan baru kali ini hanya di Makassar ada sistem CCTV yang sangat komprehensif, bukan hanya itu bahkan sudah ada peraturan walikota yang mewajibkan untuk pemilik bangunan yang nanti dijadikan fungsi ruang publik seperti mall, hotel wajib dipasangi CCTV private dan akan terhubung dengan sistem pemda. Ini sangat luar biasa,” Lanjut Jenderal Tito.

Selain Command Center Polrestbes Makassar, Jenderal Tito juga mengapresiasi rencana Pemda Makassar untuk menciptakan Digital Security atau keamanan digital. Disebutkan program ini bisa memberikan rasa kenyamanan yang lebih baik untuk masyarakat.

Baca Juga:  Agenda Pemkot Makassar 25 April 2017

“Makassar nantinya memiliki yang namanya digital security atau keamanan digital dengan ini akan memberikan kenyamanan lebih baik kepada masyarakat dan akan memantau kegiatan masyarakat, tidak ada lagi tempat bersembunyi bagi pelaku pelaku kejahatan. Para pelanggar hukum, termasuk nanti bisa mengatur kalau ada kegiatan kegiatan penting seperti kegiatan tahun baru, lebaran atau hal penting termasuk jika ada insiden ini bisa dipantau melalui cctv yang tersebar di kota Makassar. Saya apresiasi paling dan diharapkan nantinya ini bisa ditiru di pemda lainnya seluruh Indonesia,” Terang Jenderal Tito.

Selain dihadiri Kapolri Jenderal Tito, peresmian juga disaksikan Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo dan Walikota Makassar Danny Pomanto.

Penulis : Baba Duppa
Editor : Dim

LEAVE A REPLY