Deklarasi Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) di Jakarta, Selasa, 18 April 2017. [Foto: Upi Asmaradhana]

Jakarta, KabarMakassar.com– Deklarasi Asosiasi Media Siber Indonesia, AMSI yang digelar hari ini, Selasa, 18 April 2017 di Hall Dewan Pers Jakarta, melahirkan sejumlah harapan positif akan masa depan jurnalisme online di Indonesia.

Ketua Presidium Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI), Wenseslaus Manggut membacakan lima poin deklarasi pendirian AMSI. Dalam membacakan poin-poin deklarasi tersebut, para pimpinan media online di seluruh Indonesia yang tercatat sebagai pendiri dan anggota presidium tampak mendampingi.

Berikut ini isi deklarasi yang berisi lima poin penting tersebut.

Lima poin dalam deklarasi tersebut antara lain, pertama, memenuhi hak masyarakat untuk tahu, menegakkan nilai demokrasi, menjunjung terwujudnya supremasi hukum Hak Asasi Manusia (HAM) dan Kebhinekaan.

Kedua, menjaga fungsi pers sebagai media informasi, pendidikan, hiburan dan kontrol sosial serta sebagai lembaga ekonomi sebagaimana tercantum pada pasal 2 UU no 40 tahun 1999. Lalu, ketiga, merawat kebebasan pers dengan bekerja secara profesional menegakkan kode etik jurnalistik, menetapkan prinsip jurnalistik sebagai landasan utama pemberitaan.

Baca Juga:  Dua Mahasiswa UIM Menangkan Gugutan Atas D.O Rektor

Keempat, mendorong dan memperkuat media siber yang sehat di seluruh Indonesia. Kemudian Kelima, mendirikan AMSI sebagai wadah untuk memperbaiki tatakelola media siber Indonesia.

Lima poin deklarasi dibacakan oleh Ketua Presidium AMSI tersebut disambut tepuk tangan oleh para wartawan yang hadir.

Dalam acara deklarasi AMSI itu juga dihadiri juga oleh pimpinan media dan jurnalis dari berbagai daerah.

Deklarasi ini sendiri sebelumnya sudah diteken oleh para pimpinan media, yang kemudian menjadi sejarah penting perjalanan AMSI di masa datang.

Deklarasi hari ini dihadiri  Menteri Komunikasi dan Informasi Rudiantara, Ketua Dewan Pers Yosep Adi Prasetyo, Direktur Cyber Crime Bareskrim Mabes Polri Kombes Pol Fadil Imran,Public Policy Lead Twiter Indonesia Agung  Yudha, anggota AMSI dari berbagai daerah dan puluhan pimpinan redaksi media siber di jakarta.

Baca Juga:  Serangkaian Kegiatan Disdik Sulsel Jelang Hardiknas 2017

Ketua Dewan Pers Yosep Adi Prasetyo berharap kehadiran AMSI bisa menjadi stakholder baru Dewan Pers.

“Kita berharap AMSI bisa menjadi bagian dari stakholder Dewan Pers agar bisa menjaga dan memiliki akses langsung ke dewan pers terutama dalam hal pembuatan regulasi,” kata Stanley panggilan akrab Ketua Dewan Pers ini.

AMSI diharapkan menjadi stakeholder Dewan Pers bersama dengan organisasi jurnalis dan media yang sudah ada seperti Aliansi Jurnalis Independen AJI Indonesia, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) , Serikat Penerbitan Pers (SPS), Asosiasi Televisi Swasta Indonesia (ATVSI), Asosiasi Televisi Lokal Indonesia (ATVLI), dan Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia (PRSSNI).

Editor : Marwah

LEAVE A REPLY