Mp3 [it]

Kabarmakassar.com– Mungkin tidak asing bagi kalian jika ingin memutar musik melalui Format audio atau disebut MP3. Dikabarkan jika MP3 ini yang populer dua dekade lebih ini akhirnya dihentikan oleh Pencipta dan pemilik format MP3, Fraunhofer Institure for Integrated Circuits bahkan mengungumkan secara resmi jika program lisensi untuk audio codec MP3 sudah berakhir.

“Kami mengucapkan terima kasih kepda para pembeli lisensi atas dukungan dalam menjadikan MP3 sebaga audio codec di dunia selama dua dekade terakhir,” tulis Fraunhofer Institure for Integrated Circuits dalam pernyataannya, dikutip dari Telegraph, Selasa 16 mei 2017.

Fraunhofer Institute for Integrated Circuits, merupakan sebuah divisi penelitian Jerman yang mengembangkan format tersebut pada 1980-an, dan baru-baru ini akan menggantikan format unduhan Mp3 ke audio codec yang lebih canggih dan modern yaitu Advanced Audio Coding (AAC).

AAC menjadi tipe file standar yang banyak digunakan untuk mengunduh video dan musik terutama melalui ponsel. “File AAC menghadirkan lebih banyak fitur dan kualitas audio yang lebih baik ketimbang MP3, terutama untuk siaran streaming radio dan TV,” jelas dari institute tersebut.

Dikabarkan jika alasan format MP3 diganti oleh format AAC karena sudah ada pada layanan streaming, penyiaran, maupun radio.

“Layanan media paling canggih seperti streaming atau penyiaran TV dan radio menggunakan codec ISO-MPEG modern seperti keluarga AAC atau di masa depan MPEG-H,” ungkap Bernhard Grill, Direktur Divisi Fraunhofer.

Bernhard Grill menambahkan jika format AAC telah menjadi standar de facto untuk format unduhan video musik di ponsel. AAC sendiri saat ini digunakan oleh iTunes, sedangkan Spotify menggunakan Ogg Vorbis. Hanya saja, bagi negara di Amerika Serikat dan Eropa format MP3 masih bisa digunakan karena terbebas dari lisensi paten. MP3 digunakan karena memiliki ukuran file yang relatif kecil. Format tersebut sempat populer pada 2000-an. Kini, format itu telah mulai ditinggalkan karena banyak pengguna yang beralih ke sistem streaming yang tumbuh sebanyak 60% pada 2016. Sedangkan aktivitas unduhan turun sebesar 20%.

untuk diketahui pula jika format MP3 lama anda tidak secara langsung akan berhenti berfungsi. namun selama gadget atau aplikasi yang digunakan masih mendukung tipe file ini, maka masih bisa menikmati file dengan format MP3. [Berbagai Sumber]

Editor: Fritz Wongkar

LEAVE A REPLY